Adaro Bantu Rp150 juta Untuk Wujudkan Tabalong Bersih dan Hijau

Penyerahan simbolis bantuan PT Adaro untuk Kabupaten Tabalong, Jumat (12/8/2022). (Sumber Foto: vit/koranbanjar.net)

PT Adaro Indonesia dan mitra kerja mengucurkan dana sebesar Rp150 juta untuk mendukung terciptanya Tabalong menjadi kabupaten yang teduh dan hijau.

TABALONG, koranbanjar.net – Bantuan simbolis diserahkan oleh Thoha, External Relations Division Head PT Adaro Indonesia, kepada bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani, di Taman Giat Tanjung, Jumat (12/8/2022).

Plt kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong, Syaiful Ikhwan menyampaikan bantuan tersebut digunakan untuk mensukseskan kegiatan penanaman pohon bersama, memperingati hari lingkungan hidup sedunia tahun 2022.

Menurut Syaiful Ikhwan, selain bantuan dana, PT Adaro Indonesia dan mitra kerjanya yaitu PT SIS dan PT BUMA juga memberikan bantuan ratusan bibit pohon, yang akan ditanam di lingkungan kota Tanjung.

“Bibit-bibit tersebut, di antaranya kita tanam di sepanjang jalan PHM. Noor, di area Pendopo Pembataan, di jalan Tugu Tanjung Puri, serta sekitar area masjid Guru Danau. Sebelumnya juga kita melakukan penanapan bibit mahoni di jalur hijau jalan A. Yani, sebanyak 85 batang, bantuan dari Adaro,” ujarnya.

Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfiani dalam sambutannya merasa bersyukur, Kabupaten Tabalong sebagai kabupaten terbaik ke 4 tingkat nasional, dalam hal pengelolaan lingkungan.

Hal ini dibuktikan karena tahun ini Tabalong banyak menerima penghargaan, salah satunya penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

“Penghargaan ini menggambarkan, tingkat peradaban kita di kabupaten Tabalong semakin maju. Saya berharap kolaborasi semua pihak tetap berjalan dengan baik. Saya juga berharap tahun depan minimal kita bisa peringkat 3 nasional,” kata Anang Syakhfiani.

Bupati Tabalong menambahkan, tantangan yang akan dihadapi dalam waktu dekat adalah penilaian Adipura, dirinya berharap Tabalong tahun ini bisa kembali meraih Adipura.

“Tahun ini penilaian Adipura sedikit berbeda, jika tahun sebelumnya penilaian dilakukan sekaligus, maka tahun ini penilaian dilakukan per jenjang, jadi semacam eliminasi. Alhamdulillah, Tabalong diseleksi sebanyak 2 kali, dan selalu lolos,” pungkasnya.

Menutup sambutan, H. Anang Syakhfiani memberikan apresiasi kepada petugas kebersihan, karena telah mendedikasikan tenaganya dalam merawat kebersihan Tabalong.

Di kesempatan yang sama, PT Adaro Indonesia mendapatkan penghargaan Genta Sihijau dari Bupati Tabalong.

Penghargaan tersebut diberikan atas pastisipasi dan peran aktif dari PT Adaro Indonesia dalam mendukung program Gerakan Tabalong Bersih dan Hijau.

External Relations Division Head PT Adaro Indonesia, Thoha mengatakan, PT Adaro Indonesia terus senantiasa mendukung program pemerintah, terutama yang terkait dengan lingkungan.

“Kita semua mempunyai kewajiban, untuk terus mempertahankan lingkungan yang asri dan sehat untuk kita semua, semoga kontribusi dan partisipasi dari PT Adaro Indonesia dan seluruh mitra kerja menjadi bagian dari kerja keras untuk senantiasa melestarikan lingkungan di Kabupaten Tabalong,” kata Thoha. (vit/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *