Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

7 Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan, Sahabat Diet Sehat sampai Bantu Cegah Kanker

  • Bagikan
Buah alpukat. (Shutterstock)
Buah alpukat. (Shutterstock)
Manfaat buah alpukat bagi kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi. Beragam kandungan vitamin, serta nutrisi pada alpukat memang sangat diperlukan bagi tubuh. Nah, apa saja manfaat alpukat yang mungkin belum Anda ketahui?
Koranbanjar.net – Buah berwarna hijau ini juga mengandung senyawa antioksidan yang mampu mencegah beragam jenis penyakit.

Dirangkum dari berbagai berikut beberapa manfaat alpukat untuk kesehatan yang wajib kamu tahu.

Mengurangi risiko

Kandungan asam folat yang tinggi pada alpukat membuat buah satu ini mampu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, seperti pankreas, lambung, dan serviks.

Sebuah penelitian yang melibatkan 4000 perempuan, telah membuktikan bahwa alpukat mengandung asam oleat yang mampu mengurangi risiko kanker payudara.

Para peneliti percaya jika kandungan folat dalam alpukat melindungi sel dari mutasi yang buruk dalam DNA dan RNA saat pembelahan sel.

Menjaga berat badan

Alpukat memang kerap dijadikan sebagai menu makan sehat atau diet. Hal ini tidak mengherankan karena lemak dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun kandungan lemak pada alpukat adalah lemak baik, buah satu ini memiliki kalori yang cukup tinggi sehingga tidak boleh dikonsumsi secara berlebih.

Menurunkan kolesterol

Lemak tak jenuh tunggal pada alpukat mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Tak hanya itu, alpukat juga mengandung beta sitosterol yang dipercaya mampu menurunkan penyerapan kolesterol pada makanan.

Menjaga Kesehatan mata

Alpukat rupanya juga ampuh untuk menjaga kesehatan mata dengan kandungan lutein serta zeaxanthin yang dimilikinya.

Kedua zat tersebut dipercaya mampu bertindak sebagai antioksidan yang akan mencegah sekaligus memperbaiki kerusakan mata akibat penuaan seperti katarak.

Memperkuat tulang

Dengan mengonsumsi setengah alpukat utuh, maka 15% kebutuhan harian vitamin K pada orang dewasa telah terpenuhi. Seperti yang kita tahu, vitamin K sangat dibutuhkan untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi.

Mencegah radang sendi

Alpukat merupakan salah satu jenis buah-buahan yang mengandung antioksidan yang tinggi. Sebuah studi menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi alpukat, seseorang akan memiliki risiko yang lebih kecil terkena radang sendi (arthritis). Namun, hal ini masih harus diteliti lebih lanjut.

Mengurangi stres

Manfaat lain asam folat pada alpukat adalah menghindari akumulasi zat homosistein yang bisa mengganggu pengiriman nutrisi ke otak.

Kelebihan homosistein dalam tubuh dapat menghambat produksi hormon serotonin, norepinefrin, dan dopamine yang sangat dibutuhkan untuk meredam stres.

Itulah tadi beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat. (suara/Hillary Sekar Pawestri)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *