Hukum & PeristiwaKota Banjarbaru

6 Ha Lahan yang Terbakar, Petugas Baru Mampu Padamkan 1 Ha

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Satuan Petugas Kebakaran Hutan Lahan 2018 melakukan pemadaman gabungan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Komplek Griya Utama Trikora Landasan Ulin Timur, Banjarbaru, Kamis (13/09).

Dalam pemadaman gabungan tersebut, banyak yang dilibatkan untuk menangani karhutla tersebut seperti,
BPBD Provinsi Kalimantan Selatan, Satpol PP & Damkar Provinsi Kalimantan Selatan, Manggala Agni Daops Banjar, BPBD kota Banjarbaru, BPBD Kabupaten Tanah Laut, UPT Damkar Banjarbaru, BPK Mufakat, BPK Mulia, BPK Landu, Razz, EKT, BPK Banua raya, BPK Lapan, Koramil Banjarbaru Kota, Kodim 1006 dan Polsek Setempat.

Titik api yang sangat sulit dijangkau oleh petugas, juga menyulitkan untuk dilakukan pemadaman.

Terhitung sekitar 6 Ha luasan lahan yang terbakar, dan hanya 1 Ha yang dapat dipadamkan oleh petugas.

Pemadaman karhutla gabungan ini bertujuan untuk mengamankan sarana vital yang ada di Kota Banjarbaru seperti Bandara Syamsuddin Noor.

“Ditugaskan untuk mengamankan sarana vital seperti Bandara. Karena berada di Banjarbaru jadi di antisipasi, dan juga pintu masuknya wisatawan dan orang-orang asing yang berkunjung,” ucap Kasubid Kedaruratan BPBD Prov Kalsel, Dinar.

Menurutnya, baik unit maupun anggota yang tergabung cukup kesulitan akibat kedalaman lahan gambut saat pembasahan.

“Ketebalan lahan gambut tidak terjangkau, tidak sampai kebawah saat pemadaman. Api akan tetap nyala karena panas dari bawah masih ada,” ujarnya.(maf/ana)

Tinggalkan Balasan

Close