5 Golongan Tidak Mendapat Syafaat Di Padang Mahsyar, Siapa Saja?

oleh -6.873 views
5 Golongan Tidak Mendapat Syafaat Di Padang Mahsyar, Siapa Saja?

KANDANGAN, koranbanjar.net  Habib Segaf bin Hasan Baharun menerangkan, yang perlu diperhatikan agar mendapat syafaat di padang mahsyar kelak. Berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW, ada 3 golongan yang dapat memberi syafaat di padang mahsyar, serta 5 golongan orang yang tidak akan mendapatkan syafaat.

Dipaparkannya, saat memberikan tausiah di hadapan ribuan masyarakat Hulu Sungai Selatan (HSS), pada acara HSS Bersholawat Bersama Dalwa, Sabtu (7/9/2019) malam.

Habib Segaf menjelaskan, hadis Nabi Muhammad mengatakan kelak nanti di padang mahsyar tidak akan ada yang memberi syafaat  kecuali 3 golongan.

Pertama Al Anbiya atau para nabi. Ia berujar, sekarang tidak mungkin lagi bertemu nabi. Sebab Nabi Muhammad Saw sudah meninggal, Nabi Isa As berada di atas langit, nabi Khidir As tidak dapat ditemui dan keseluruhan nabi yang totalnya 124 ribu orang, sudah meninggal.

Berikutnya para syuhada, atau orang-orang yang meninggal dalam keaadaan syahid. Tetapi ujarnya lagi, meski banyak di antara manusia, hal ini sangat sulit untuk dideteksi keberadaannya.

Para syuhada umatnya Nabi Muhammad SAW ujarnya, sesuai dengan sabdanya akan diberikan hak priorotas untuk memberikan syafaat bagi 70 keluarganya.

“Misalnya orang yang meninggal karena kecelakaan mendadak, tenggelam, melahirkan, mencari ilmu, terbakar api, tertimpa reruntuhan, terkena musibah gempa bumi, membela harga diri dan harta. Semua itu terlepas dari upaya dan doa,” papar rektor Institut Islam Dalwa itu.

Orang yang bisa memberikan syafaat  berikutnya, para ulama. Inilah yang menurutnya bisa dengan mudah ditemui saat ini, dan memiliki kesempatan menghormati dan mencintai habaib dan ulama.

“Barang siapa menjenguk orang alim, seakan-akan ia menjenguk ke rumahku (Nabi Muhammad SAW), siapa bersalaman dengan orang alim seakan-akan bersalaman denganku,” tuturnya menjelaskan hadis nabi.

Selain itu, dipaparkan pula 5 golongan yang tidak akan mendapat syafaat oleh ketiga golongan tersebut.  Bahkan menurutnya, meski meninggal dalam kakbah sekalipun tidak akan mendapat syafaat  dari nabi.

Pertama anak durhaka. Habib Segaf menegaskan jangan berharap anak durhaka akan senang hidupnya, sebelum di akhirat disiksa, maka di dunia akan di azab terlebih dahulu.

“Silakan cari di ujung timur sana sampai ujung barat, jika ada anak yang durhaka lalu senang hidupnya, tidak akan ada,” ujarnya.

Kedua adalah Istri yang durhaka pada suaminya. Ketiga orang yang memutus tali silaturahmi. Keempat 2 orang sesama muslim yang tidak tegur sapa atau membenci lebih dari tiga hari.

Lima golongan itu kata Habib, meski masuk dan keluar seribu kali bulan Ramadan pun tidak akan mendapat rahmat Allah SWT. Tidak mendapat berkah, walau mereka bersedekah sebanyak-banyaknya, atau berhaji sebanyak-banyaknyapun Allah SWT tidak akan melihat sama sekali kebaikannya.

“Kata nabi, orang semacam itu salatnya tidak diterima, puasa tidak diterima. Paling tidak semoga kita tidak termasuk dalam lima golongan ini,” pungkasnya.

Penulis: Muhammad Hidayat

Editor: Hendra Lianor

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan