204 Perangkat Desa Dididik Aplikasi SISKEUDES

  • Bagikan

MARTAPURA – Sebanyak 204 perangkat desa se-Kabupaten Banjar dididik menggunakan aplikasi pelaporan keuangan SISKEUDES di Hotel Amaris, Jl A Yani Km 7 Kertak Hanyar, Rabu (25/10).

Menurut Kabid Pengelolaan Keuangan Dana Sekdes dari BMPD, Rusidawati, kegiatan yang dibuka secara resmi pada Selasa (24/10) malam itu digelar untuk mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparan, akuntabel dan partisipatif. Fokusnya, untuk memperkenalkan aplikasi laporan keuangan SISKEUDES kepada perangkat desa se-Kabupaten Banjar.

“Aplikasi SISKEUDES adalah aplikasi terbaru yang digunakan untuk melaporkan keuangan desa. Sebelumnya Sisdes,” ucap Rusida.

Keutamaan aplikasi ini, lanjut Rusida, lebih detil dalam pengungkapan laporan keuangan. Sehingga akan memudahkan dalam memonitor keluar-masuknya dana desa.

“Bisa dipantau lewat online,” kata wanita yang beralamat di Jl Pramuka Banjarmasin ini.

Terkait kerumitan aplikasi, Rusida beranggapan, aplikasi ini akan mudah dijalankan oleh perangkat desa yang dilatih, karena menurut dia, aplikasi ini tidak berbeda jauh cara kerjanya jika dibandingkan dengan aplikasi pelaporan yang terdahulu.

“Mereka sudah punya bekal pengetahuan,” ucapnya.

Rusida menjelaskan, pelatihan SISKEUDES berlangsung mulai tanggal 24 Oktober hingga 11 November 2017. Tahapan pertama pada 24-28 Oktober untuk peserta 204 orang. Tahapan kedua 31-4 November untuk 204 orang, dan tahapan ketiga akan digelar 7-11 November mendatang dengan jumlah peserta 187 orang.

“Jika dijumlah pesertanya sebanyak 595 orang. Yakni dua orang dari setiap desa yang berjumlah 277 orang.” pungkasnya.(abn)

  • Bagikan