oleh

20 Kades Dilantik, Berikut Pesan Bupati

MARTAPURA,KORANBANJAR.NET- Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa melakukan pengambilan Sumpah Jabatan tingkat Kepala Desa, Kamis (06/09/2018) pagi di Mahligai Sultan Adam Martapura.

Diketahui sebanyak 20 Kepala Desa dari 11 Kecamatan yang di Kabupupaten Banjar diambil sumpahnya untuk melaksanakan tugas selama 6 tahun masa yakni masa jabatan 2018-2023.

Kepala Dinas BPMD Aspihani mengatakan, ke 20 Kepala Desa yang diambil sumpahnya itu adalah hasil dari pemilihan Kepala Desa gelombang kedua pada Juli 2018 kemarin.

Ke 20 Kepala Desa dilantik langsung  Bupati Banjar H Khalirahman. Pria yang akrab disapa Guru Khalil itu mengucapkan selamat atas dilantiknya kepala desa terpilih, dan dia berpesan agar para kepala desa itu nantinya dapat menjalankan tugasnya dengan baik, serta dapat memajukan desa-desa yang dipimpin.

“Saya mengucap selamat atas dilantiknya kepala desa, dan saya berharap agar kepala desa yang baru ini dapat menjalankan tugasnya dengan baik, serta memegang amanah dari masyarakat. Tentunya juga dapat memberikan kontribusi dalam membangun desa. Agar lebih baik lagi ke depan,”katanya.

Bupati juga menambahkan, Pelaksanaan Pemilihan Pambakal Secara Serentak merupakan Amanah Konstitusi yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa.

“Di mana pada akhir tahun 2016 yang telah lalu kita telah menggelar pesta demokrasi pemilihan pembakal secara serentak gelombang ke – I di Kabupaten Banjar sebanyak 117 Desa. Kemudian selanjutnya tahun 2018 dilanjutkan dengan pelaksanaan pemilihan pembakal serentak gelombang ke – II dengan jumlah sebanyak 20 desa di 11 kecamatan,” katanya.

Menurutnya Pemilihan Pambakal merupakan wadah penyampaian hak berpendapat masyarakat dalam menentukan arah pembangunan desa dalam kurun waktu 6 tahun. Masyarakat dilibatkan secara langsung untuk menentukan kepemimpinan di desa melalui pemilihan secara langsung.

“Hasil pemilihan langsung inilah akan melahirkan calon pembakal yang terpilih hasil pelaksanaan pemilihan pambakal serentak yang hari ini secara resmi telah kami kukuhkan dan resmi menjabat sebagai Pembakal Definitif di desanya masing-masing,” ucapnya.

Bupati Banjar juga berpesan agari istri Pembakal yang hari ini juga turut berhadir agar turut mendorong dan mendukung pembangunan desa dan memberdayakan masyarakat di desa dengan memberikan pemikiran dan semangat kepada Pembakal. Keberhasilan seorang Pembakal tidak akan berhasil tanpa dorongan dan dukungan istri tercinta di belakangnya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa H Aspihani mengatakan Pembakal yang baru dilantik ini agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Apa yang disampaikan Bupati, jaring aspirasi masyarakat, melakukan musyawarah desa, rangkul semua lapisan masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda dan sebagainya. Sehingga baik dalam menentukan program dan kegiatan.” pungkasnya.(sai/sir)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: