15 Panwascam se Kota Banjarbaru Resmi Dilantik

Anggota Panwascam yang dilantik di Aula Gawi Sabarataan Pemko Banjarbaru, Jumat (28/10/2022). (Sumber Foto: Ari/koranbanjar.net)

Mendekati pemilu 2024, Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se Kota Banjarbaru dilantik. Sebelumnya mereka telah melalui beberapa proses, Jumat (28/10/2022).

BANJARBARU,koranbanjar.net – 15 orang dilantik menjadi panwascam. Tiap kecamatan, ada tiga orang yang bertugas dan disebar di lima kecamatan.

Mereka dilantik oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarbaru, di Aula Gawi Sabarataan. Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin berharap, agar bekerja dengan profesional.

“Kami harapkan kepada yang dilantik, memiliki integritas dan profesionalisme yang tinggi. Karena ini berkaitan dengan mentalitas, dalam rangka Pilpres, Pemilu dan Pilkada, yang akan kita laksanakan pada tahun 2024 datang,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Banjarbaru, Dahtiar mengatakan, mereka yang sudah dilantik, dapat memulai tugasnya. Yakni, melakukan tahapan pengawasan pemilu di tingkat kecamatan.

“Sekarang sudah memasuki verifikasi faktual keanggotaan. Namun, sebelum turun ke lapangan, akan diberikan pembekalan lebih dahulu,” katanya.

Untuk tugas, dijelaskannya, Panwascam melakukan pencegahan dan penindakan, di wilayah kecamatan terhadap pelanggaran Pemilu.

Selanjutnya, mengawasi pelaksanaan tahapan penyelenggaraan pemilu, mencegah terjadinya politik uang, mengawasi netralitas semua pihak yang dilarang ikut dalam kampanye.

“Itu sudah diatur salam pasal 105,106,dan 107 UU Nomor 7 Tahun 2017, juga termasuk menerima laporan,” tutupnya. (maf/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *