oleh

13 Fakta Timnas U-22 Juara AFF 2019

KORANBANJAR.NET – Tim Nasional (Timnas) Indonesia berhasi meraih juara AFF U-22 setelah mengalahkan Thailand dengan skor akhir 2-1, yang dihelat di Olimpic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019) pukul 20.00 Wita.

Kemenangan yang diraih skuat Garuda Muda U-22 pada perhelatan AFF di Kamboja ini tidak lah mudah. Pasalnya, mulai dari carut marutnya di tubuh PSSI hingga hasil imbang yang diperoleh pada dua laga beruntun di fase grup membuat keraguan publik makin kuat; Timnas Garuda berat sampai ke final, apalagi juara.

Berikut 13 fakta menarik Timnas Indonesia di perhelatan AFF U-22 Cup 2019 yang dirangkum Koranbanjar.net dari berbagai sumber.

  1. Juara yang mengejutkan. Menilik sejak persiapan Timnas U-22, publik sudah meragukan skuat besutan Indra Sjafri ini dapat lolos ke partai final. Pasalnya, selain status Timnas Indonesia U-22 baru menjalani debut di turnamen ini, bahkan melakukan persiapan tak sampai dua bulan, belum lagi gonta ganti pemain. Dalam tiga kali uji coba mereka juga tak menang. Keraguan terus berlanjut ketika tidak bisa menang dalam 2 laga pembuka grup B dan lolos grup sebagai runner-up.
  2. Indonesia Juara Piala AFF U-22 2019 dengan kemenangan comeback dramatis, setelah tertinggal satu gol oleh pemain Thailand, Saringkan Promsuspa pada menit 57 melalui sundulan memanfaatkan tendangan bebas. Dua menit berselang Indonesia menyamakan kedudukan melalui tendangan Sani Rizki Fauzi dari luar kotak penalti.
  3. Gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Osvaldo Haay di menit 64. Menerima umpan dari tendangan bebas Luthfi Kamal, Osvando berhasil menyarangkan bola ke gawang Korraphat Nareechan melalui tandukannya.
  4. Indonesia bermain dengan 10 pemain pada menit 89, akibat tikel Bagas Adi Nugroho sehingga wasit harus mengeluarkan kartu merah.
  5. Ini trhopi pertama Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF U-22. Pasalnya, turnamen U-22 ini merupakan yang pertama digelar federasi sepakbola Asia Tenggara (AFF). Sebelumnya, AFF hanya menggelar turnamen untuk kelompok usia senior, U-19 dan U-16. AFF pernah menggelar turnamen U-23 yang terakhir kali diselenggarakan pada 2005.
  6. Mengalahkan ‘Macan’ Asia Tenggara. Pada Piala AFF U-22 ini Thailand berstatus sebagai Juara bertahan setelah mengalahkan Singapura 3-0 pada AFF U-23 pada 2005 silam. Ditambah lagi, Tim asal Negeri Gajah Putih itu merupakan penguasa sepak bola Asia Tenggara di segala level.
  7. Hanya Indonesia yang berhasil membobol gawang Thailand. Sebelumnya mulai dari fase grup hingga semi final, Thailand belum pernah kebobolan.
  8. Selama kompetisi Piala AFF U-22 2019, Indonesia mencetak 8 gol dan kebobolan 4 gol. Dari 8 gol tersebut dicetak oleh 6 pemain yakni, Rachmat Irianto (1), Marinus Wanewar (3), Witan Sulaiman (1), Lutfi Kamal (1), Sani Rizki Fauzi (1) dan Osvaldo Haay (1).
  9. Pelatih Indra Sjafri telah memberikan 2 gelar Piala AFF setelah sebelumnya di 2013 bersama timnas U-19. Kala itu melawan Vietnam di final. Penentuan juara melalui adu penalti yang berkesudahan 7-6 (0-0).
  10. Dari 8 negara yang mengikuti Piala AFF hanya Indra Sjafri yang merupakan pelatih lokal bagi negaranya, begitu pula pemain semuanya lokal.
  11. Tubuh federasi sepak bola Indonesia yang dalam hal ini PSSI, sedang dalam masa yang suram. Pasalnya Ketua Umum dan beberapa petinggi PSSI mengundurkan dari, ditambah beberapa oknum PSSI ditetapkan Ssebagai tersangka kasus pengaturan skor, dan yang terbaru adalah Plt Ketum PSSI Joko Driyono, juga ditetapkan sebagai tersangka.
  12. Sepakbola Indonesia berprestasi ditengah digelandangnya para mafia bola.
  13. Atas pencapaian membanggakan Timnas U-22, Menpora Imam Nahrawi janjikan berikan bonus sebesar 2.1 miliyar. (yat/dra)

Komentar

Berita Terkini