Tak Berkategori  

114 Peserta Siap Berkompetisi Dalam MTQ

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XVI tingkat Kota Banjarbaru resmi dibuka pada Sabtu (07/07) malam, Wakil Walikota Banjarbaru, H. Darmawan Jaya Setiawan yang juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Banjarbaru menyampaikan laporan perihal penyelenggaraan MTQ ini.

Jaya yang bertindak sebagai Ketua Panitia Pelaksana menyampaikan bahwa Alquran merupakan petunjuk bagi ummat manusia yang membimbing manusia ke jalan keselamatan.

“Alquran merupakan penyempurna wahyu Allah yang isinya mengangkat hubungan manusia dengan Allah dan manusia dengan manusia lain, kandungannya mengangkat aspek kehidupan manusia menyangkut persoalan tauhid, aqidah, akhlak dan fiqih yang kesemuanya terkandung dalam Alquran,” ucapnya.

Pada era globalisasi seperti saat ini, lanjut Jaya, Alquran yang begitu indah bacaannya mulai dilupakan orang. Orang lebih ingin baca buku pengetahuan modern atau novel daripada membaca Alquran. Globalisasi telah merubah bangsa kita, terutama generasi muda.

“Dalam rangka mensyiarkan Alquran di Kota Banjarbaru, maka LPTQ Kota Banjarbaru terus berupaya memasyarakatkan nilai-nilai Alquran melalui berbagai kegiatan yang diharapkan dapat menjadikan Alquran sebagai inspirasi dalam nilai kehidupan termasuk dalam program LPTQ adalah MTQ,” jelasnya.

Jaya juga menjelaskan bahwa tujuan dari penyelenggaraan MTQ Nasional ke-XVI tingkat Kota Banjarbaru ini antara lain memperatkan nilai-nilai Alquran sehingga yang diharapkan dapat meningkatkan keimanan kepada Allah SWT, mengembangkan minat baca tulis Alquran di Kota Banjarbaru dan menyiapkan khafilah Kota Banjarbaru dalam rangka mengikuti MTQ Nasional tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

“Utusan khafilah terdiri kecamatan se Kota Banjarabaru, dari 2 pondok pesantren, utusan tahfizh se Kota Banjarbaru dan masyarakat Kota Banjarbaru. Adapun yang dilombakan adalah cabang musabaqah tartil Alquran, cabang musabaqah tilawatil Alquran, cabang musabaqah qiraat Alquran, musabaqah tafsir Alquran, musabaqah khath Alquran dan festival pembacaan maulid oleh grup-grup terbaik se Kota Banjarbaru,” jelasnya lagi.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti MTQ Nasional ke-XVI tingkat Kota Banjarbaru adalah 114 peserta. Jaya juga mengucapkan terima kasih kepada Walikota Banjarbaru atas arahan dan bimbingannya.

“Ucapkan terima kasih juga kami ucapkan kepada Kepala Kantor Kementeria Agama dan seluruh sponsor yang telah mendukung terselenggaranya acara ini. Serta seluruh pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan ini, mudahan segala apa yang telah diberikan mendapat balasan dari Allah SWT, Amin Ya Robbal ‘Alamin,” tutupnya.(ana)