oleh

Pokdarwis Wisata Gunung Birah Dibentuk, ini Harapan Kadishut

TANAH LAUT, KORANBANJAR.NET – Wisata alam Gunung Birah yang masih termasuk di dalam wilayah kerja Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tanah Laut akan difasilitasi oleh Dinas Kehutanan melalui KPH Tanah Laut, untuk diajukan usulan pengelolaan wisata alamnya dengan skema Kemitraan Kehutanan yang rencananya akan dilaksanakan di Desa Kandangan Lama, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut.

Hal tersebut dibahas dalam rapat mengenai tindak lanjut percepatan perhutanan sosial yang dilaksanakan di Aula KPH Tanah Laut yang dihadiri oleh Tim Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, KKPH dan Tim Percepatan Perhutanan Sosial KPH Tanah Laut.

Materi lain yang dibahas dalam rapat tersebut diantaranya terkait target dan progres pelaksanaan Perhutanan Sosial dalam bentuk Hutan Kemasyarakatan, HD, HTR dan Kemitraan Kehutanan di KPH Tanah Laut yang selanjutnya dirincikan pada masing-masing Resort Pengelolaan Hutan.

Sesuai dengan instruksi Kadishut Prov Kalsel, DR. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut, MP., agar terus mengupayakan peningkatan perhutanan sosial, maka ditindaklanjuti dengan mengadakan rapat lanjutan dengan menghadirkan 25 orang pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang kedepan akan didesain untuk menjadi Kelompok Tani Hutan (KTH) Gunung Birah.

“Dengan terbentuknya KTH Gunung Birah nantinya, diharapkan akan mampu menjadikan Wisata Gunung Birah lebih baik lagi sehingga turut mampu meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat sekitar hutan,” ujarnya.(hmsdishutkalsel/ana)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: