oleh

111 Security Dilatih Fisik dan Mentalnya Dalam Pelatihan Gada Pratama

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – PT Kartika Purna Yudha menggelar pelatihan Gada Pratama angkatan ke-17 yang dimulai pada 24 September hingga 11 Okteber 2018 mendatang, yang bertempat di Gedung PSBB Desa Indrasari, Kecamatan Martapura Kota, Kabupaten Banjar.

PT Kartika Purna Yudha merupakan Perusahaan Jasa Penyedia Tenaga Kerja dan Security di Banjarmasin Kalimantan Selatan.

Menurut Supriyanto dari Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) Kalimatan Selatan, kegiatan pendidikan dan pelatihan Gada Prtama ini bertujuan agar membentuk sikap dan fisik bagi para calon satpam (satuan pengamanan) atau pun yang sudah bekerja menjadi satpam.

“Sikap dan mental harus sangat terbentuk. Apalagi dengan fisik, dicondongkan sekali,” ujarnya.

Dengan jumlah peserta sekitar 111 orang, setiap peserta harus mengikuti masa pelatihan sebanyak 232 jam.

“109 orang laki-laki dan 2 orang perempuan. Mereka semua dibimbing langsung oleh Direktorat Binmas Polda Kalsel,” ucapnya.

Pada tingkatan Gada Pratama ini, menurut Supriyanto akan lebih dikuatkan mengarah kepada fisik dari pada ke teori.

“Pembelajaran tiap tingkatan berbeda, dari Gada Pratama ini 80% fisik dan 20% teori. Nah, bila naik tingkatannya lagi akan (lebih) banyak teori,” katanya.

Syarat untuk menjadi peserta pelatihan dari PT Karya Purna Yudha yaitu sekala setara minimal SMA. Kemudian dengan tinggi badan 165 cm, lalu berbadan sehat.

“Apabila sudah selesai mengikuti pelatihan, akan mendapatkan sertifikat Gada Pratama. Itu sebagai bukti berpendidikan satpam,” jelasnya.

Dijelaskannya juga, bagi satpam yang sudah bekerja namun belum memiliki sertifikat Gada Pratama juga bisa mengikuti pelatihan tersebut.

“Satpam yang sudah bekerja cukup dengan pembelajaran khusus, karena sebagian dari pembelajaran dasar sudah tahu,” katanya.

Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 18 hari, mulai dari pembelajaran fisik yang dilakukan di Stadion Demang Lehman Martapura hingga pemberian beberapa macam teori.(maf/ana)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: