oleh

10 Muharam, Pemko Banjarbaru Gelar Pawai Budaya Islam

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Memperingati Tahun Baru Islam 1440 H, Pemerintah Kota Banjarbaru menggelar lomba pawai dengan tema “Mencintai Budaya Islami” yang diikuti 5 kategori dari TK, SD, SMP, SMK/SMA, dan Umum, Kamis (20/09) yang juga bertepatan dengan tanggal 10 Muharam 1440 H.

Dengan digelarnya pawai budaya Islam tersebut, agar anak-anak dapat mencintai terus budaya lokal yang mengandung nilai islami.

“Mencintai budaya lokal agar generasi anak bisa terdidik. Dan juga bertepatan dengan Tahun Baru Islam, mengandung nilai Islaminya,” ucap Wakil Walikota Banjarbaru, H. Darmawan Jaya Setiawan.

Menurutnya, kegiatan tersebut dimaknai dengan terciptanya kepribadian yang baik dengan membangun budaya Islam pada diri anak-anak.

“Dimaknai dengan baik terus menjadi baik, dan pribadi yang baik akan terus melekat,” katanya.

Pawai budaya Islam tersebut diikuti oleh 5 kategori yaitu TK, SD, SMP, SMK, dan Umum itu menempuh rute yang berbeda setiap kategorinya. Masing-masing kelompok membawa ciri khasnya masing-masing, ada yang membawa replika ka’bah, unta dan banyak lagi.

“Untuk TK rutenya hanya memutari Lapangan Murjani. Untuk SD, SMP, SMK, dan Umum rutenya melalui Polsek Banjarbaru Kota,” ujar pria yang akrab disapa Jaya ini.

Kemudian, tidak hanya kegiatan pawai budaya Islam, Pemerintah Kota Banjarbaru juga melaksanakan rangkaian lomba lain seperti lomba menyanyi lagu Islam, menggambar, melukis, dan kaligrafi.

“Kita berupaya memperbanyak titik dalam kegiatan seperti ini. Bertepatan pada tanggal 1 Muharam kemarin, kita juga menyelenggarakannya di wilayah Cempaka,” ungkapnya.(maf/ana)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: