oleh

1 PDP di Kabupaten Banjar Dites, Hasilnya Negatif

1 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Virus Corona di Kabupaten Banjar dites swab sebanyak 2 kali, hasilnya dinyatakan negatif.

MARTAPURA, koranbanjar.net – Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Banjar menyampaikan update terbaru terkait Virus Corona, 1 PDP di Kabupaten Banjar dites, negatif hasilnya yang diperoleh.

Hal ini dikemukakan Gugus Tugas di Command Center Barokah, Martapura, Kabupaten Banjar, Minggu (5/4/2020).

“Kondisi terkini jumlah Orang Dalam Pemantauan atau ODP, juga kembali menurun menjadi 128 orang karena sudah ada 34 ODP sudah menyelesaikan masa isolasi diri selama 2 pekan dan tidak alami gejala,” terang Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Banjar, dr Diauddin.

Selain itu, Diauddin menjelaskan, ada penambahan 1 PDP sebagaimana telah diungkapkan sehari sebelumnya.

“Karena di Tes Swab 2 kali dan hasilnya negatif, maka PDP rencananya akan dipulangkan,” jelas Jubir Gugus Tugas Banjar.

Terkait Tes Swab, ucap Diauddin, untuk wilayah Kalsel, kita memiliki Laboratorium Pemeriksaan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Banjarbaru.

“Jadi, sample milik pasien tak harus dikirim ke luar daerah lagi, sehingga lebih cepat. Bahkan hari ini saja ada lebih dari 10 pemeriksaan sampel yang dilakukan,” tambahnya.

Mantan Wadir RSUD Ratu Zalecha ini menyampaikan, PDP sebetulnya memang berdomisili di Banjarmasin, namun masih menggunakan KTP dengan alamat Kabupaten Banjar mengikuti mertuanya.

“Setelah kita berdiskusi dengan Dinkes Banjarmasin, akhirnya pasien PDP dimasukkan ke Kabupaten Banjar,” ujar dia.

Sejauh ini Gugus Tugas Banjar sudah melakukan pemantauan kepada orang yang telah melakukan kontak dengan PDP ini.

“PDP punya kontak erat dengan 3 orang yaitu suami, mertua dan adik iparnya yang saat ini dalam kondisi sehat, kemudian dimasukkan dalam kategori sebagai kontak resiko rendah,” pungkas Diauddin. (har/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: