oleh

Warga Bandel Buang Sampah, Kelurahan Jawa Siagakan Ini

MARTAPURA – Pihak Kelurahan Jawa, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar beserta Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Babinsa, Babin Kamtibmas serta Satpol PP dan PD. Pasar Bauntung Batuah melakukan pengawasan di kawasan Jalan Samadi, Samping Akper Intan pada Senin (15/01).

Tujuannya tidak lain untuk memantau masayarakat yang telah membuang sampah sembarangan. “Sampah di jalan Samadi ini dari awal saya menjadi Lurah, memang sangat sulit ditangani. Mungkin dari seluruh wilayah saya, hanya di sana tempat yang memang paling bandel warganya membuang sampah. Bahkan sudah lama tidak ditemukan solusinya,” tutur Lurah Jawa, Hathayerin.

Untuk mengantisipasi hal itu, berdasarkan hasil rapat, aparat akan melakukan pengawasan sejak 13 Januari tadi. Dari berberapa intansi terkait menurunkan beberapa anggotanya, seperti DLH menurunkan 13 anggota untuk melakukan pengawasan selama satu minggu. Dari DLH juga  bersedia menanggung konsumsi untuk anggotaya.

Sedangkan dari pihak Babinkamtibmas Polres Banjar dan Babinsa Kodim 1006, akan ikut serta menangani masalah sampah yang berada di Jl Samadi.

Sedangkan dari pihak Satpol PP akan menurunkan 3 personilnya dan pihak PD. PBB juga turut menurunkan trantib untuk membantu penjagaan.

Untuk mengantisipasi keadaan serupa terjadi lagi, Dinas Lingkungan Hidup akan melakukan sosialisasi dengan warga, serta akan melakukan pemasangan spanduk kembali untuk larangan membuang sampah.

“Karena jika tidak ada TPA atau diangkutkan maka akan kembali seperti semula, pasalnya masyarakat ingin enaknya saja,” tambah Kasi Penindakan Tony.

Penjagaan akan disediakan pos dari pihak PD. PBB yang akan dimulai pukul 08:00  wita hingga pukul 15:00 wita, kemudian disambung dari pukul 15:00 hingga jam 22:00 wita.

“Semoga saja dengan diadakan semua penjagaan ini kawasan yang berada di jalan Samadi akan menjadi bersih. Soalnya kami beserta dengan warga sudah dua kali melakukan pembersihan, tetapi masyarakat malah kembali membuang di situ lagi,” pungkas Lurah Jawa Hathayerin.(sen)

Dari Rubrik Pilihan: