oleh

Usai Diklatpim, Gubernur: Buktikan dengan Karya Terbaik untuk Masyarakat

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, kembali mempercayakan Kalimantan Selatan, sebagai tempat penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) II,  sebagai reward atas keseriusan meningkatkan kualitas sumber daya aparatur pemerintahan.

“Kami sangat percaya dan yakin, Kalsel kembali akan mampu melaksanakan Diklatpim II bagi Pimpinan Tinggi Pratama setingkat eselon II. Ini tidak lepas dari komitmen kuat pimpinan daerah beserta stakeholder terkait dalam upaya nyata meningkatkan kualitas dan sumber daya aparatur pemerintahan,” papar Kepala LAN RI, Dr Adi Suryanto, MSi, saat memberikan sambutan pada Pembukaan Diklatpim II Angkatan XIV, di Kampus 2, BPSDM Kalsel, Banjarbaru, Selasa (31/7) sore.

Dikatakan Adi, tantangan birokrasi pemerintahan ke depan semakin kompleks. Ini ditandai dengan semakin beragamya aspirasi dan tuntutan masyarakat bagi instansi –instansi pelayanan publik.

Diklapim diikuti 60 peserta berasal dari perwakilan instansi daerah dan vertikal, termasuk dari pulau luar Kalimantan dan Jawa. Adi mengatakan pemerintah melalui kementerian terkait bersama LAN, telah menyikapi tuntutan tersebut dengan mengembangkan model-model pelatihan aparatur yang lebih mengekedepankan pada sisi kepraktisan.

Salah satunya adanya proyek perubahan atau inovasi yang dibuat para peserta diklat untuk selanjutnya diimplementasikan pada instansi di mana mereka bekerja. Inovasi menjadi bagian penting bagi seorang ASN sebagai wujud pengembangan profesional kinerja dan pengabdian masyarakat.

Sementara itu Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, mengingatkan agar ASN terus beradaptasi terhadap tantangan birokrasi ke depan. Kreativitas dan inovasi menjadi sesuatu yang tidak bisa ditawar-tawar lagi dan menjadi kunci utama jika ingin karir meningkat.

“Jadikan diklat ini sebagai laboratorium edukasi untuk pengembangan kemampuan diri dalam memanajemen pekerjaan atau tugas. Prakteknya nanti akan dibuktikan setelah selesai mengikuti diklatpim dan memberikan karya terbaik untuk masyarakat,” ingat gubernur. (hmsprov/dra)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: