oleh

Upacara Taptu Berlangsung Khidmat

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Diikuti oleh pelajar yang tergabung dalam keanggotaan Pramuka dari beberapa perwakilan sekolah menengah di Kota Banjarbaru, TNI, Polri, Dishub dan Satpol PP, Pemerintah Kota Banjarbaru menggelar upacara taptu di depan Balai Kota Banjarbaru, Kamis (16/08) malam.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Banjarbaru, Silvya Desty Rosalina.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), taptu adalah tanda (dengan bunyi trompet, dan sebagainya) pada malam hari untuk memanggil prajurit supaya pulang ke asramanya; atau berbaris dengan menggunakan irama musik pada malam hari sambil membawa obor.

Setelah upacara dimulai, nyanyian taptu dikumandangkan yang kemudian dilanjutkan dengan penyalaan obor utama oleh inspektur upacara.

Setelah upacara selesai peserta upacara kemudian menyalakan obor masing-masing dan berjalan mengelilingi Jalan Panglima Batur menuju Jalan Puteri Junjung Buih dan Jalan Ahmad Yani, Banjarbaru dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia.

Siswa dan siswi terlihat antusias mengikuti kegiatan ini, saking semangatnya tak jarang obor mereka mati karena api dari sumbunya yang menyala terlalu kecil. Warga juga terlihat antusias melihat pawai obor ini.

Petugas dari Satlantas Polres Banjarbaru dan Dishub Kota Banjarbaru disiagakan untuk mengawal kelancaran proses malam taptu atau pawai obor.(ana)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: