oleh

Tingkatkan Nilai-Nilai Kebangsaan, Guru dan Dosen Dilatih Ini

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Guna meningkatkan nilai-nilai kebangsaan pada masyarakat, Lemhanas RI memboyong para guru, dosen, dan widyaiswara untuk dilatih menjadi juru bicara pada kegiatan Training of Trainers (TOT) Nilai-nilai Kebangsaan, baru-baru tadi di Banjarmasin.

Total yang dilatih 100 peserta. Diharapkan nantinya usai pelatihan dapat menyampaikan nilai-nilai kebangsaan di lingkungannya masing-masing, seperti yang diungkapkan Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI Purn Agus Widjojo.

“Oleh karena itu para peserta terdiri dari para tenaga pendidik seperti dosen, guru dan widyaiswara yang nantinya setelah mereka mengikuti pelatihan ini mereka akan melanjutkan dengan penyebarluasan di lingkungan masing-masing,” kata Letjen TNI Purn Agus Widjojo.

Ia menerangkan, bahwa nilai kebangsaan konsensus dasar bangsa adalah Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

“Dengan gadget alat yang ada di telapak tangan mereka sudah bisa mempunyai akses terhadap informasi, hal ini lah yang merupakan tantangan bagi kita walaupun secara cyber dan mindset mereka bisa mendunia dalam waktu yang sangat singkat, tetapi juga bagaimana kita harus mengingatkan kepada mereka tentang nilai-nilai kebangsaan,” ujarnya.

Hal itu lah, tambahnya lagi, yang menjadi tantangan, ancaman, gangguan, dan hambatan yang bisa merusak sendi-sendi nilai kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. (ags/dra)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: