oleh

Tingkatkan Kualitas Jurnalistik, Komatik Poltekkes Banjarmasin Bekali Anggota Mudanya dengan Pelatihan

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Untuk meningkatkan kualitas karya jurnalistik mahasiswa, UKM Komunitas Mahasiswa Jurnalistik (Komatik) Keperawan Gigi Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Banjarmasin mengadakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik yang bertempat di Aula Kampus Keperawatan Gigi Poltekkes Banjarmasin, tepatnya di belakang Museum Banjarbaru, Sabtu (28/4) pagi tadi.

Pelatihan tersebut mengusung tema “Jurnalisme Journalistic Explore The Word We Care and we Share“. Salah satu pemateri yang mereka hadirkan adalah Pimpinan Umum Koran Banjar, Denny Setiawan.

Dia menyampaikan materi tentang dasar-dasar menulis sebuah berita hingga trik-trik memilih angle berita serta kiat membikin tulisan yang bagus.

Materi Pelatihan Jurnalis di Poltekkes Banjarmasin

Pada kegiatan tersebut, sejumlah mahasiswa anggota Komatik Keperawatan Gigi Poltekkes Banjarmasin begitu antusias mengikuti jalannya pelatihan.

Yang menarik saat sesi tanya jawab, ada salah satu penanya yang menanyakan bagaimana agar tulisannya disukai orang.

“Bagaimana agar tulisan kita disukai banyak orang,” ujar Devi mahasiswa semester 2 itu.

Denny Setiawan pun memberikan bagaimana pengalamannya selama bergelut di dunia jurnalistik.

Usai materi pertama, Ketua Umum UKM Komatik, Ayu Sukma Dewi mengatakan, acara ini diselenggarakannya untuk bekal anggota barunya. “Tujuan Pelatihan Jurnalistik ini supaya menjadi bekal bagi anggota yang baru bergabung sebagai dasar dalam menjalankan UKM ini kedepannya,” ujarnya kepada koranbanjar.net.

Dengan diadakannya acara tersebut ia mengharapkan kedepannya UKM Komatik semakin berkembang dan eksis di kampus maupun luar kampus. “Selain itu juga dapat banyak menghasilka gebrakan positif kepada masyarakat secara umumnya,” tutur Ayu.

Peserta Pelatihan Jurnalistik Poltekkes Banjarmasin

Pada kesempatan yang sama, Denny Setiawan selaku Pimpinan Umum Koran Banjar menyampaikan apresiasinya atas apa yang sudah UKM Komatik lakukan.

“Saya sangat mengapresiasi usaha mereka (Pelatihan Jurnalistik) untuk meningkatkan penulisan. Menulis itu sangat penting, lebih-lebih untuk kebaikan, apalagi mereka sebagai mahasiswa pasti akan mempermudah tugas-tugas kuliah,” tutur Denny.

Dengan diadakannya kegiatan tersebut oleh UKM Komatik, ia mengharapkan agar menjadi contoh bagi kampus lain. “Apalagi bagi kampus yang belum mempunyai UKM Pers. Ini harus dicontoh. Semoga usai pelatihan ini mereka semakin berkembang, semakin peka terhadap lingkungan sekitar dan lebih kritis,” tutupnya.

Acara Pelatihan Jurnalistik ini diadakan pihak pantia selama dua hari, yakni Sabtu (28/4) hingga Minggu (29/4). Pada hari ke dua pelatihan dilakukan secara praktek dengan turun langsung ke lapangan untuk hunting berita. (dra)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: