oleh

Tim Penilai Adipura Tiba Di Marabahan

MARABAHAN –  Tim penilai Adipura yang terdiri dari 3 orang dari Kementerian Lingkungan Hidup dan 1 orang dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan melakukan penilaian kebersihan di Kota Marabahan. Kunjungan tim penilai Adipura itu adalah dalam rangka rankaian penilaian Adipura untuk Kota Marabahan. Penilaian yang dimulai dari pagi hingga sore hari itu dilakukan di beberapa lokasi di Kota Marabahan, Jumat (1/11).

Selain tim penilai, turut juga mendampingi dalam proses penilaian, Kepala Dinas Lingkungaan Hidup Barito Kuala (Batola) Fahriana, Ketua Tim Penggerak PKK Saraswati Dwi Putranti serta beberapa anggota dari Forum Komunitas Ije Jela Bahalap Marabahan.

Oleh karena itu, tak heran jika hari ini beberapa lokasi di Kota Marabahan terlihat bersih dan tertata. Sebut saja diantaranya seperti Pasar Wangkang dan Pasar Baru Marabahan. Kedua pasar yang semula setiap harinya terlihat semrawut itu, pada hari ini terlihat bersih. Beberapa pedagang pasar yang berjualan di trotoar pinggir jalan serta terpal-terpal yang dipasang para pedangan untuk menaunginya berjualan pun tak terlihat.

Beberapa lokasi yang dikunjungi oleh tim penilai Adipura yang berhasil dicatat oleh Wartawan Koran Banjar diantaranya Puskesmas Marabahan, sekolahan, komplek-komplek perumahan warga, Pasar Wangkang, Pasar Baru, Taman Surya Lestari, Rumah Sakit Umum Abdul Azis Marabahan, Asrama Militer Kodim 1005 Marabahan, taman komplek perkantoran, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, eks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Marabahan, serta Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle Kelompok Swadaya Masyarakat (TPS 3R KSM) Kompak Marabahan.

Terkait penilaian Adipura tersebut, Kepala Dinas Lingkungaan Hidup, Fahriana, mengharapkan adanya keberlanjutan dari kebersihan kota yang dilakukan oleh semua pihak walaupun tanpa dinilai oleh tim penilai Adipura. “Hendaknya ada keberlanjutan. Artinya jangan di saat ada penilaian Adipura saja kita melakukan bersih-bersih, tapi kita lakukan sampai seterusnya” tuturnya.

Fahriana juga menambahkankan, kebersihan Kota Marabahan harus tetap dijaga agar bisa mempertahankan Adipura.

Sementara Ketua TPS 3R KSM Kompak, Nasrullah Golam, merasa yakin TPS 3R KSM Kompak yang termasuk menjadi lokasi penilaian oleh tim penilai Adipura mendapat nilai tinggi. “Pada penilaian Adipura sebelumnya kita mendapat total nilai 75. Penilaian kali ini saya yakin TPS 3R KSM Kompak mendapat nilai lebih tinggi lagi serta diharapkan bisa berkontribusi untuk mendongkrak total nilai Adipura untuk Kota Marabahan,” ujarnya. (dny)

Dari Rubrik Pilihan: