Baznas

PT.Tia dan Dishut Tanam 3.000 Pohon untuk Penghijauan

  • Bagikan

MANDIANGIN – Tahura Sultan Adam dan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, bidang RHL bersama CSR PT Tunas Inti Abadi, sebagai perusahaan perusahaan pemegang IPPKH yang mempunyai kewajiban melakukan rehab DAS di wilayah Tahura Sultan Adam, melakukan penanaman beberapa jenis bibit buah di lokasi Agrowisata Mandiangin Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, Kamis (15/02) tadi.

Adapun jenis bibit yang ditanam berupa bibit lengkeng 1.000 batang, durian 1000 batang dan rambutan 1.000 batang, sedangkan tujuan penanaman untuk pengembangan Agrowisata di Tahura Sultan Adam. Jenis yang ditanam adalah jenis unggul dan sudah besar dengan kawasan yang akan menjadi pusat penanaman  yakni lahan seluas 3 hektare.

“Penanaman tiga ribu bibit ini secara bertahap, dan juga bibit besar kita harus berhati-hati takut nantinya bibit akan mati setelah ditanam,” tutur Kepala Tahura Sultan Adam, Sri Wuriyati

Di tempat yang sama, kepala Tahura Sultan Adam mengungkapkan bahwa penanaman 3.000 pohon ini juga sebagai pemanfaatan dari musim hujan yang sedang berlangsung, dan sekaligus untuk menutupi lahan yang kosong di Tahura.

“Jadi kalau kita menanam dalam musim hujan ini tidak terlalu repot pemeliharaannya, tidak repot menyiram dan lain sebagainya,” ujar Sri.

Sri berharap, Tahura bisa mewakili Kalimantan Selatan dengan jenis buah-buah dari Kalimantann Selatan. ”Tetapi dengan cara bertahap tentunya,” tambah dia.

Sementara itu, pihak External Relation PT. Tia  Fazri Noor menyatakan bahwa penanaman 3.000 pohon ini merupakan komitmen mereka, karena ijin usahanya di bidang pertambangan.

“Nah semunya itu berada di kawasan kehutanan, nah terkait dengan ijin itu kita berkewajiban untuk ikut serta dalam kegiatan rehabilitasi lahan, makanya kami melakukan program menanam tiga ribu pohon ini,” tambahnya.

Selain itu, penanaman 3.000 pohon yang dilakkukan PT. Tia ini juga bukan kali yang pertama, namun mereka sudah sering melakukan penanaman pohon.

“Kami sudah punya area seperti ini di Tanah Bumbu, terakhir di sini,” timpalnya.

Acara yang dilakukan pihak PT. Tia pada Kamis siang ini bertepatan dengan kegiatan dari Tahura Revolusi Hijau.(sen)

  • Bagikan