oleh

Targetkan Indeks Maturasi SPI BBPP Binuang Raih 3.90 di Tahun 2019

Sesuai Program Kementerian Pertanian RI Periode 2015-2019, mentargetkan ada peningkatan kualitas sistem pengendalian internal, salah satunya indikatornya Indeks Maturasi SPI, minimal pada level terdinifisi.

TAPIN,koranbanjar.net – Pembinaan SPIP dan Forum Nasional SPIP yang sejak tahun 2009 silam hingga sekarang terus dilakukan TIM SATLAK SPI.

Diharapkan akan lahir personil – personil handal yang, siap untuk mengendalikan dan menyukseskan program/ kegiatan pada unit kerja tempatnya bekerja.

Demi terjaganya good governance dan clean government di Kementan.

Dalam rangka mencapainya, Tim Satlak SPI BPPSDMP secara periodik melakukan penilaian maturasi SPI di UPT lingkup BPPSDMP Kementan.

Termasuk berkunjung ke Balai Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang.

Tim Satlak SPI yang melakukan kunjungan ke BBPP Binuang ialah Risnawati SE dan Nurlianie SE dari Subbag Data dan Evaluasi Sekretariat BPPSDMP, Kementan, Jumat (25/09/2020)

Melalui kegiatan Gerakan SPIP, Inspektorat Jenderal telah berkomitmen untuk terus melakukan inovasi pada penyelenggaraan pola – pola pembinaan.

“Melalui pendekatan yang lebih bersifat preventif dan persuasif di bidang pengawasan,” ujar Risnawati.

Kunjungan ini untuk mempersiapankan penilaian (penilaian awal) maturasi SPI, sebelum Inspektor Jenderal melakukan penilaian maturasi SPI BBPP Binuang.

Sebagaimana arahan Menteri Pertanian (Mentan) RI. Dr.Syahrul Yasin Limpo (SYL), saat memperingati Hari Anti Korupsi Dunia, Jumat 13 Desember 2019 di Gedung Sekjen Kementan RI.

Meminta kepada seluruh Tim Satlak SPI di UPT dan sekretariat Kementan untuk menekan tindak korupsi.

Gerakan SPIP, Inspektorat Jenderal telah berkomitmen untuk terus melakukan inovasi pada penyelenggaraan pola – pola pembinaan.

“Melalui pendekatan yang lebih bersifat preventif dan persuasif di bidang pengawasan, pada kesempatan setiap berkunjung ke UPT dan Workshop SPI,” tegas Irjen Kementan RI.

Ketua SPI BBPP Binuang, Budiono, SP MM mengatakan, Kementerian Pertanian meraih penghargaan 10 besar Indek Maturasi SPI.

BBPP Binuang meraih rangking 4 dengan indek maturasi SPI 3.56 dengan level terdifinisi pada tahun 2018.

“Tahun 2019 Satlak SPI BBPP Binuang dengan kerjasama semua SDM di lingkup BBPP Binuang menargetkan meraih 3.90 saat penilaian September-Oktober 2020,“ sela Budiono.

Kepala BBPP Binuang Dr Ir Yulia Asni Kurniawati MSi saat pembacaan hasil kunjungan dari Tim Satlak SPI bersama Pejabat Struktural dan Widyaiswara di ruang Kepala Balai Binuang.

Ia menegaskan agar segenap PNS dan THL untuk mendukung mewujudkan tingkat maturasi secara optimal sebagai indikator keberhasilan UPT pada penilaian tahun 2020.

Selanjutnya, Yulia meminta kepada segenap karyawan dan karyawati segera memacu untuk tahun 2020 penilaian 2021.

BBPP Binuang dapat terwujud dimasa depan indeks maturasi meraih 4.1 kategori indeks maturasi terukur.

“Indikator ini akan menentukan tingkat kinerja yang akan berpengaruh pada penerapan Tunjangan Kinerja dimasing masing UPT pada tahun 2021,” tegasnya (Budiono/bbppbinuang/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: