oleh

TAK DISANGKA, Sidak di Pasar, Bupati Banjar Lantas Beli Ikan Baung

-Banjar-29 views

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Ikan Baung yang tergolong ke dalam salah satu jenis ikan air tawar bernama latin Hemibagrus Nemurus ini merupakan ikan favorit masyarakat Kalimantan untuk dijadikan lauk makan, khususnya di Kalimantan Selatan.

Hidup di perairan sungai di seluruh daerah Asia Tenggara termasuk Sungai Barito, membuat ikan ini kerap ditemui dijual di pasar ikan di berbagai daerah Kalsel.

Menariknya, terkait keberadaan ikan baung yang notabene sebagai favorit lauk makan warga Kalsel ini, dalam inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Martapura yang dilakukan oleh Bupati Kabupaten Banjar H Khalilurrahman bersama rombongannya, Selasa (22/5) tadi, ada seorang pedagang yang menjual ikan baung yang berhasil mencuri perhatian Bupati H Khalilurrahman.

Ternyata bukan sembarang perhatian, tak lama memperhatikan pedagang ikan baung ini, Bupati H Khalilurrahman pun lantas membeli ikan baung tersebut dari pedagang ikan itu.

Hal itu bukan tanpa alasan, menurut Bupati H Khalilurrahman, ikan baung saat ini sudah berkurang keberadaannya di pasar ikan dan mulai langka.

Oleh sebab itulah, Bupati Banjar yang kerap disapa Guru Khalil ini langsung membeli ikan baung tersebut.

“Ikan baung di sungai sudah langka, jarang ditemukan saat ini. Padahal ikan baung ini rasanya enak dari ikan patin, apalagi dibikin pepesan sama sayur asem,” ujar bupati seraya bercerita singkat pengalaman masa kecilnya yang hidup di pinggir sungai sering mendapatkan ikan baung dari hasilnya memancing ikan. (sai/dny)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: