oleh

Sosialisasi Diberikan Dishut untuk Desa Liyu, Demi Terlaksananya Program ini

BALANGAN, KORANBANJAR.NET – Dalam upaya mendukung Program Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan implementasi instruksi Kadishut DR. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut, MP untuk mensejahterakan masyarakat sekitar hutan. Melalui sinergi antara Pemprov Kalsel dan masyarakat sekitar hutan, KRPH bersama-sama penyuluh kehutanan dan bakti rimbawan KPH Balangan melaksanakan sosilisasi program perhutanan sosial (KK Karet dan Hutan Desa), sosialisasi pembentukan MPA, sosialisasi pembentuan MMP dan Sosialisasi Revolusi Hijau di Desa Liyu, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan.

Kegiatan sosialisasi ini di hadiri oleh Kepala Desa, Perangkat Desa, Ketua dan Anggota Kelompok tani dari Desa Liyu.

Hasil dari sosialisasi yang sudah dilaksanakan tersebut adalah 3 kelompok tani yang beranggotakan masing-masing 30 orang dan terdaftar di Pemkab Balangan akan mengikuti program Kemitraan Kehutanan (KK).

Desa Liyu yang berada di kawasan hutan produksi dan hutan lindung, akan diikutkan dalam program hutan desa. Dan akan dilaksanakan Pembentukan Masyarakat Mitra Polhut (MMP) Desa Liyu untuk mendukung pengamanan hutan.

Juga akan dilaksanakan Pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA) untuk mendukung pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Dalam upaya mendukung program “REVOLUSI HIJAU” Gubernur Provinsi Kalimantan, Desa Liyu akan melaksanakan penanaman kiri dan kanan jalan, halaman sekolah dan pekarangan dengan jumlah 3.000 Batang yang sumber bibitnya berasal dari KPH Balangan.(hmsdishutkalsel/ana)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: