oleh

SMKN 3 Banjarbaru Siapkan Bubur Asyura 1.000 Piring

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Salah satu Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) yang sering dirayakan umat Islam adalah perayaan 10 Muharram 1440 hijriah, seperti yang dilaksanakan para guru dan siswa SMKN 3 Banjarbaru dengan membuat serta membagikan bubur asyura sebanyak 1.000 piring kepada masyarakat.

Kepsek SMKN 3 Bjb Drs.Parjiono M.pd kepada koranbanjar.net, kegiatan membuat bubur asyura ini merupakan agenda tahunan untuk memperingati 10 Muharam. Kegiatan juga disertai mengadakan lomba kultum dan ceramah yang diikuti para siswa. Di balik semua itu, bulan Muharram sebenarnya memiliki sejarah yang besar bagi perjalanan Islam di dunia.

BUBUR ASYURA - Mempersiapkan bubur asyura.
BUBUR ASYURA – Mempersiapkan bubur asyura.

Ada 7 peristiwa penting yang terjadi pada 10 Muharram, antara lain, Nabi Adam As bertaubat kepada Allah Swt, berlabuhnya kapal Nabi Nuh di bukit Zuhdi, diselamatkannya Nabi Ibrahim As dari siksa api Raja Namrud. Kemudian Nabi Yusuf As dibebaskan dari penjara mesir, Nabi Yunus keluar dari perut ikan hiu, Nabi Ayyub disembuhkan Allah dari penyakitnya, Nabi Musa dan umatnya selamat dari pengejaran Fir’aun di laut merah.

“Dengan peristiwa ini masyarakat muslim memperingatinya dengan berpuasa asyura dan membagikan bubur asyura,” tutupnya.(slm/sir)

 

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: