Siswa SMK PP juga Dimagangkan di Perusahaan Sawit

oleh -184 views
MAGANG- Para siswa saat diantarkan pihak sekolah mengikuti mengikuti magang. (foto:ist)
MAGANG- Para siswa saat diantarkan pihak sekolah mengikuti mengikuti magang. (foto:ist)

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Sebagai sekolah vokasi pendidikan menengah pertanian, SMK-PP punya tanggungjawab untuk mengantarkan siswanya menjadi tenaga terampil di bidang pertanian. Salah satu cara agar siswa dapat magang di dunia  usaha dan industri, maka pihak sekolah menjalin kerjasama  (MoU) dengan beberapa perusahan di wilayah Kalimantan Selatan.

Salah satu perusahaan yang menjadi tempat magangnya adalah PT. Borneo Indah Tani (PT BIT), perusahaan yang bergerak di bidang kelapa sawit.

Seperti pada semester ini, sekolah sudah mengantarkan siswanya magang dibeberapa DU/DI di wilayah Kalimantan. Pada Kali ini bagian Humas dan Industri SMKPP Negeri Banjarbaru, Jumat 11 Kanuari 2019, melaksanakan kegiatan mengantar siswa untuk magang di PT. Borneo Indo Tani (BIT).

Siswa yang diantarkan magang kali ini berjumlah 16 orang di PT. BIT. Meraka diantar langsung oleh guru yang bertugas. Pengantar menyerahkan kepada pihak tempat magang untuk dapat nantinya dibimbing dan berikan pengetahuan di dunia usaha dan industri.

Mereka diantarkan ke tempat magang dengan tujuan untuk PT. BIT di daerah Cintapuri, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Siswa perkebunan nantinya diharapkan bisa mengerti tentang dunia perkebunan sawit seperti dijelaskan salah satu guru pengantar, Akbar Suhaji, “Jadi siswa dimagangkan di PT. BIT khusus untuk siswa perkebunan agar nantinya bisa menjalankan bagian-bagian pekerjaan perkebunan.”

“Kemarin sekolah sudah memilah kegiatan yang akan dilaksanakan dan PT. BIT sudah setuju, jadi setiap siswa sudah di tempatkan di divisi tertentu, jadi tinggal pelaksanaannya saja dan tentunya akan dirolling,” ujar Akbar Suhaji.

Ke 18 siswa tersebut diantar menggunkan bis dari sekolah, dimana mereka juga membawa peralatan-peralatan yang mereka butuhkan untuk melakukan kegiatan saat magang. Selain itu mereka harus dapat mengambil ilmu pada saat magang ini.

Sebab, magang yang dilaksanakan kurang lebih 3 bulan ini wajib diikuti oleh siswa yang bersekolah di SMKPP N Banjarbaru, karena nantinya meraka akan membuat laporan magang dan kemudian di ujikan secara kelompok maupun individu. (WD/sir)

 

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan