oleh

Silaturahmi dengan Pers, Danrem Antasari Hindari Wawancara

Usai menggelar silaturahmi dan foto bersama dengan insan pers Kalimantan Selatan di Summer Bed and Breakfast Hotel, Rabu (30/9/2020), Komandan Korem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah langsung meninggalkan ruangan tanpa mengadakan sesi wawancara dengan wartawan.

BANJARMASIN, koranbanjar.net –
Berdasarkan pengamatan koranbanjar.net saat itu, jenderal bintang satu ini ketika mulai memasuki ruangan lantai 7 itu sembari menyapa para jurnalis, seketika mengambil tempat duduk seolah-olah terburu-buru.

Pertemuan yang dihadiri kurang lebih 50 awak media ini memang diatur dengan menerapkan protokol kesehatan duduk dengan menjaga jarak(physical distancing).

Dalam sambutannya, Firmansyah mengharapkan berita dikemas menyejukkan tentunya saat menghadapi masa pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun ini.

Menurutnya, media memiliki peranan penting dalam menjaga situasi keamanan tetap kondusif.

“Untuk itulah, setiap berita yang dimunculkan harus menonjolkan semangat kebersamaan dan menjaga perdamaian,” tutur Danrem.

Ia mengingatkan, kalau ada gesekan segera didinginkan, jangan dipanas-panasi. Pers harus mengedukasi masyarakat dan memberikan pencerahan.

Tentunya netralitas juga penting dalam pemberitaan,” ucap lelaki berdarah Kalsel ini.

Dijelaskannya, setiap wilayah memiliki potensi kerawanannya masing-masing. Jajaran Korem pun sudah memetakannya. Dia pun meminta para Dandim proaktif melakukan pemantauan setiap dinamika yang terjadi.

Usai memberikan sambutan, Danrem melalui Kapenrem 101/Antasari, Mayor Caj Iskandar memberikan kesempatan kepada insan pers untuk bertanya dalam sesi tanya jawab.

Ada 6 jurnalis dengan berbagai pertanyaan, semua dijawab serta dijelaskan Danrem dengan lugas, singkat dan jelas.

Terkait pengamanan Pilkada 2020 mendatang. Diketahui Korem 101/Antasari jajaran Kodam VI/Mulawarman menyiapkan sebanyak 231 prajuritnya.

Pasukan tersebut mendapatkan tugas untuk membackup Polda Kalsel dalam pengamanan hari pencoblosan pilkada serentak 9 Desember 2020, tergelar di tujuh kabupaten dan kota serta pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan. (yon)

 

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: