Berita Utama

Sepekan 5 Kali Listrik Padam, Lurah Mantuil Geram

BANJARMASIN, KORANBANJAR.NET – Sepanjang tahun 2018 ini warga Mantuil, Kelurahan Mantuil Permai, Kecamatan Banjarmasin Selatan sering jadi sasaran pemadaman listrik. Dalam satu pekan, bisa mencapai 4 sampai 5 kali pemadaman.

Lurah Mantuil, Mukhlisin sempat dibikin geram dan memberikan pernyataan tegas.

“Kami di sini paling sering mengalami pemadaman listrik, hingga dalam satu pekan padamnya bisa mencapai 4 sampai 5 kali. Bikin jengkel lagi, tidak ada pemberitahuan sebelumnya, tidak ada kerusakan dan mobil operasionalnyapun sering bolak balik di sini, tidak ada kerusakan apa-apa kok sering mati,” ungkap Lurah dengan nada jengkel.

Pernyataan ini diungkapakan dalam wawancara dengan koranbanjar.net di Kantor Kelurahan Mantuil di Jalan Mantuil Permai Kelurahan Mantuil Kecamatan Banjarmasin Selatan, Jum’at (07/09/2018).

Menurutnya, pemadaman PLN selalu terjadi mendadak dan tidak ada pemberitahuan sebelumnya, sehingga membuat warga bingung dan bertanya-tanya tentang penyebab pemadaman yang terkesan sepihak tersebut.

Seringnya terjadi pemadaman di Kelurahan Mantuil, mengakibatkan aktivitas warga kelurahan ini menjadi terhambat. Salah satu warga Antasan Bondan, RT 03 mengatakan sering terjadi pemadaman listrik, bisa sampai 4 hingga 5 jam.

“Kami terus terang sangat kecewa dengan PLN selama ini , karena di tempat kami sering sekali mengalami pemadaman bahkan dalam satu hari kadang-kadang bisa sampai dua kali matinya,” ujar warga yang tidak mau menyebut namanya tersebut.

Sementara itu kekecewaan juga datang dari pihak Sekolah SDN Mantuil 2. Menurut penuturan Kepala SDN Mantuil 2, Ardani, akibat sering terjadinya pemadaman PLN membuat jam efektifitas sekolah terganggu.

“Komputer cepat rusak, akibatnya dalam pengerjaan data-data siswa terkendala, anak-anak kegerahan karena kepanasan saat belajar, tanaman hidroponik terganggu pengairannya,” ungkap Ardani.

Salah satu Guru Wali Kelas H.Irna meminta kepada pihak PLN agar bila terjadi kerusakan, sebelumnya supaya ada pemberitahuan dan jangan melakukan pemadaman saat jam efektifitas sekolah.

“Kami minta PLN jika ingin melakukan pemadaman, jangan saat jam efektifitas sekolah dan tolong diperhatikan untuk mengumumkan pemberitahuan sebelumnya dan jangan sering-seringlah matinya, kasihan komputer kita cepat rusak,” ucapnya sembari mengatakan dalam satu bulan ini paling sering padam.

Kemudian kerugian juga dirasakan PT Bimasraya yaitu perusahaan rotan yang ada di Jalan Mantuil Permai, Antasan Bondan.

Pimpinan perusahaan Yappi mengatakan dampak seringnya pemadaman PLN mengakibatkan pengeluaran perusahan meningkat karena harus menggunakan generator agar aktivitas pabrik tetap berjalan.

“Sudah jelas pengeluaran dan biaya operasional menjadi bertambah dan kalau terus-terusan seperti ini, maka tidak menutup kemungkinan akan merugikan,” kata Yappi sembari berucap ekspor sudah tidak bisa, ditambah listrik sering padam.

Dibanding tahun 2017, tahun 2108 Kelurahan Mantuil paling sering mendapatkan “menu pagi” dari PLN. Padam pada waktu pagi,nyala kembali pada saat jam makan siang.(al/sir)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close