Semak Belukar Terbakar, Kagetkan Warga Desa Karangan Putih

oleh -91 views
Semak Belukar Terbakar, Kagetkan Warga Desa Karangan Putih
Petugas Damkar gabungan berupa memadamkan dan merelokasi kebakaran lahan. (Foto: ist/koranbanjar.net)

KELUA, koranbanjar.net – Kebakaran lahan berupa semak belukar terjadi lagi, kali ini menimpa Desa Karangan Putih RT 03 Kecamatan Kelua, tepatnya di belakang SMAN 1 Kelua Kabupaten Tabalong, pada Selasa (17/9/2019) pukul 14.00 Wita.

Berdasarkan informasi dari warga setempat kepada koranbanjar.net, lahan yang terbakar tersebut merupakan lahan semak belukar dan gambut.

Lahan terbakar dimiliki oleh H. Suwito (48) warga Desa Karangan Putih, luas lahan yang terbakar 27 × 150 meter. Ariyatim (60) warga Desa Karangan Putih, luas lahan yang terbakar 60 × 150 meter. Muspahriadi (65) warga Desa Karangan Putih, luas lahan terbakar 20 × 150 meter.

“Dari keterangan saksi, api pertama kali membesar dari arah hutan lahan berupa semak belukar dan gambut, menjalar dan membesar membakar lahan sekitar,” ujar Ibrahim Noor, anggota UPBS Mungkur Agung.

Selain itu luas lahan kebun karet dan semak belukar yang terbakar kurang lebih 2 hektar dan api berhasil dikendalikan sekitar jam 17.00 Wita oleh BPBD Tabalong, UPBS wilayah Selatan, dan anggota Pos 7-7 Kelua.

“Namun, api kemungkinan tidak padam total. Karena lahan gambut, ada kemungkinan akan menyala lagi,” sambungnya. (mj-26/dya)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan