Sekdaprov Kalsel: Partisipasi Politik Masyarakat dalam Pemilu di Atas 75 persen

oleh -116 views
Video conference pantauan Pemilu 2019 di Kalsel dari Kemendagri RI, di ruang rapat PM Noor Setdaprov Kalsel, Kamis (18/4). (foto: ykw/koranbanjar.net)

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Dalam video conference dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, di ruang rapat PM Noor Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Kamis (18/4/2019), Sekdaprov Kalsel, Abdul Haris Makkie menyampaikan partisipasi politik masyarkat di Kalsel dalam pemilu serentak tahun ini berada di atas 75 persen.

Selain itu, disampaikan Abdul Haris, hingga malam kemarin (17/4/2019), kondisi Kalsel tetap berlangsung aman dan damai.

“Dari 4,1 jiwa penduduk Kalsel, ada sebanyak 2.869.166 pemilih yang tersebar di 13.128 TPS,” ujar Haris.

Saat ini, dikatakannya, surat suara sedang dalam proses pendistribusian menuju KPU.

Dalam wawancaranya kepada wartawan usai video conference, Abdul Haris menyampaikan perhatian Pemprov Kalsel terhadap pendistribusian surat suara dari TPS kecamatan menuju KPUD kabupaten dan kota hingga ke KPUD provinsi.

“Itu yang menjadi perhatian kita tentunya, agar jangan sampai terjadi hal-hal yang berkemungkinan mengacaukan tahapan pelaksanaan pemilu. Karenanya teman-teman KPU, Bawaslu bersama pihak keamanan kita harapkan tetap menjaga ini dengan sebaik-baiknya sampai nanti perhitungan akhir,” katanya.

Sementara terkait netralitas ASN, Abdul Haris menegaskan hingga saat ini tidak ada ditemukan ASN Pemprov Kalsel yang terbukti tidak netral dalam Pemilu 2019.

“Kalaupun ada, kita tetap gunakan peraturan perundang-undangan yang berlaku tentang netralitas ASN,” pungkasnya. (ykw/dny)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan