Baznas

Sekda Kotabaru Minta Tanaman Anggrek Dilestarikan

- Tak Berkategori
  • Bagikan

KOTABARU – Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru Said Akhmad menghadiri pelantikan Pengurus DPC Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Kabupaten Kotabaru di kawasan Ekowisata Hutan Meranti Kabupaten Kotabaru, Sabtu (27/01) kemarin.

Sekda Kotabaru Drs. Said Akhmad, MM mengapresiasi terbentuknya DPC PAI di Kotabaru yang harus ditindaklanjuti dengan implementasi perkembangan ke depan.

Dia berharap kepada pengurus agar tanaman anggrek dikembangkan tidak hanya di rumah rumah, tapi bisa diciptakan di area wisata taman anggrek, supaya bisa menjadi daya tarik wisata yang akan menambah pendapatan anggaran daerah Kabupaten Kotabaru.

“Kepada pengurus yang ada, saya harap bisa menciptakan area wisata taman anggrek di Kabupaten Kotabaru, sehingga siap menjadi tuan rumah,” ungkap said Akhmad.

Hal itu dimaksudkan agar anggrek di hutan Meranti ke depan bisa dipamerkan pada pameran tingkat nasional. Sementara itu, Ketua DPC PAI Kotabaru, Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar dalam sambutan mengatakan, Kotabaru memiliki area hutan yang luas, di mana kekayaan anegram hayati yang wajib dijaga, khususnya tanaman anggrek yang bisa dikembangkan, karena sangat  diminati. Oleh sebab itu perlindungan dan pemberdayaan anggrek harus digalakkan dengan tujuan pelestarian anggrek species Kotabaru.

Ke depan program kegiatan PAI DPC Kotabaru akan terus melakukan gerakan penanaman anggrek di pohon-pohon besar dan di tempat umum. Harapan dan tujuannya agar tanaman anggrek dapat terus dikenalkan dan menumbuhkan rasa cinta sebagai wujud pelestarian anggrek di Kabupaten Kotabaru.

Selain pengukuhan DPC PAI Kotabaru, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penanaman anggrek species Kotabaru, yaitu anggrek bulan (phalaenopsis amabilis), cymbidium , coelogyne foestermani, coelogyne rochusrnii, bulbophyllum vaginatum, coelogyne pandurata (anggrek hitam).(dam)

  • Bagikan