Sebentar Lagi Masyarakat Desa Halunuk Punya Jalan Bagus

oleh -253 views
Sebentar Lagi Masyarakat Desa Halunuk Punya Jalan Bagus
Alat berat sudah diturunkan untuk pengerjaan di Jalan Niagara Desa Halunuk, Kecamatan Loksado, HSS. (foto: hidayat/koranbanjar.net)

KANDANGAN, koranbanjar.net – Masyarakat di Dusun Bubuih dan Kandihin, serta Dusun Ayan sebentar lagi tidak akan merasakan jalan sakit lagi, saat keluar masuk kampung dengan kendaraan. Sebab, jalan di sana sudah mulai dilakukan pengerjakan perbaikan jalan dari Pemkab Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui dana APBD 2019.

Ketiga dusun tersebut secara birokrasi berada di Desa Halunuk, Kecamatan Loksado, HSS paling ujung berbatasan langsung dengan Kecamatan Padang Batung.

Jalan menuju Dusun Bubuih dan Kandihin yang searah itu, dahulunya memang beraspal, tetapi sudah hancur cukup parah. Yang masih bagus tinggal jalan semen dari Bubuih ke Kandihin. Sedangkan Jalan Niagara menuju Dusun Ayan sejak dahulu memang belum ada jalan aspal.

Berkat usulan masyarakat sejak dua tahun lalu, akhirnya dikabulkan pada Musrenbang Kecamatan Loksado awal bulan lalu. Maka dianggarkan pembangunan jalan untuk dua titik tersebut.

Jalan ruas Bubuih, rencana dibuat dari depan jalan provinsi sampai jembatan penyeberangan Dusun Bubuih. Sedangkan Jalan Niagara sampai jembatan penyeberangan menuju Dusun Ayan.

Sekretaris Desa Halunuk Yunus mengatakan, sejak satu bulan lalu sudah terlihat pekerja mulai berdatangan, dan alat berat sudah datang dua unit. Untuk Jalan Niagara, diungkapkannya sekarang sudah tahap memasang batu, untuk pengerasan hampir selesai.

Yunus mengatakan sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pemkab HSS melakukan pembangunan jalan di desanya. Sehingga nantinya perjalanan masyarakat keluar masuk kampung akan lebih mudah dan lancar.

“Masyarakat memohon jalan diperbaiki sudah sekitar dua tahunan, dan sekarang sudah dikabulkan. Atas nama masyarakat kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah,” pungkasnya.

Selain untuk aktifitas masyarakat, dengan jalan yang bagus nantinya, Yunus menambahkan, pemerintah desa bisa mengembangkan potensi wisata sungai. (yat/dra)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan