oleh

Sebentar lagi Harganas Diselenggarakan di Banjarbaru, Catat Tanggalnya!

BANJARMASIN, KORANBANJAR.NET – Peringatan Hari Keluarga Nasional yang puncak acaranya diaksanakan pada 6 Juli mendatang, akan dipusatkan di Kota Banjarbaru. Kegiatan itu diselennggarakan pemerintah melalui Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Sebagai tuan rumah, Pemprov Kalsel sudah menyatakan kesiapannya menyambut perhelatan nasional itu sejak 2018 lalu.

Berbagai rangkaian acara menarik pun dipastikan turut memeriahkan acara bertema Hari Keluarga, Hari Kita Semua itu. Rangkaian acara dimulai dari 1 sampai 6 Juli, di antaranya ada pameran yang dipusatkan di halaman Kantor Gubernur Kalsel, serta pasar rakyat yang rencananya dipusatkan di lapangan Murjani, Banjarbaru.

“Kegiatan bertaraf nasional ini harus didukung semua pihak, terutama jajaran TNI AD untuk turut mengamankan situasi daerah dari segala macam bentuk gangguan yang mengancam,” ujar Asisten I Bidang Pemerintahan, Siswansyah, mewakili Gubernur Kalsel, dalam sambutannya di acara komunikasi sosial, Selasa (18/6/2019), di Makorem 101/Antasari, Banjarmasin.

Harganas pertama kali dilaksanakan di Lampung, 1993 lalu. Perlaksanaan peringatan Harganas didasari Keputusan Presiden RI Nomor 39 Tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional. Dalam keputusan pemerintah menetapkan perigatan Harganas setiap 29 Juni.

Selain itu, peringatan Harganas juga dilatarbelakangi perjuangan rakyat Indonesia menuju kemerdekaan di zaman penjajahan Belanda dulu, yang mana mengharuskan mayoritas kepala keluarga meninggalkan keluarganya menuju medan perang.

Setelah Belanda menyerahkan kedaulatan bangsa Indonesia secara de facto dengan sepenuhnya pada 22 Juni 1949, seminggu kemudian, tepatnya 29 Juni 1949, para pejuang baru bisa kembali ke keluarganya masing-masing. Peristiwa sejarah itulah yang kemudian menjadi landasan peringatan Harganas.

Harganas dimaksudkan untuk mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. Keluarga diharapkan mampu menjadi sumber yang selalu menghidupkan, memelihara dan mengarahkan kekuatan tersebut.

Tujuan dari peringatan Harganas adalah meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat terhadap pentingnya keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera dalam ketahanan keluarga. (ykw/dny)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: