oleh

SDN Pampanan Tetap Difungsikan Sebagai Sarana Pendidikan

PUGAAN, koranbanjar.net – SD Negeri Pampanan Kecamatan Pugaan Kabupaten Tabalong yang sudah tidak terpakai sekitar satu tahun belakangan ini, rencananya dari Kepala Diknas Tabalong H. Akhmad Rizali Noor menyatakan, akan tetap dijadikan SD atau TK di Pampanan.

“Pertama kita lihat peserta didik TK dulu, apabila berpotensi atau anak usia TK itu sangat banyak maka kami akan menggunakan SD itu dipakai untuk TK. Jadi, mereka tidak perlu membangun TK lagi, tetapi apabila potensial anak SD pada tahun depan itu banyak maka SD akan tetap kita bina,” jelasnya.

Kepala Diknas melihat seberapa potensial peserta didik TK dan SD apabila mana terbanyak maka SD Pampanan itu akan tetap difungsikan sebagai sekolah pendidikan.

Sementara ini bangunan sekolah itu masih dibina dan dirawat supaya tidak sampai hancur dan kemungkinan lainnya.

“Sekolah itu karena ditutup cuma karena peserta didiknya yang kurang, kita kan ada standar anak didik di sekolah sudah tiga tahun berturut turut anak didik kurang. Kemarin peserta didik kita banyak, cuma karena ada kawan kawan Madrasah Ibtidaiyah lebih menarik banyak keagamaannya, di situ kekalahan sekolah negeri,” ujarnya.

Untuk saat ini Diknas fokus kepada pembangunan TK atau tetap SD tergantung perkembangan jumlah anak didik yang mendaftar.

Guru-guru yang dulunya mengajar di SDN Pampanan ini sementara di pindahkan ke sekolah lain yang kekurangan guru sebelum kembali difungsikan.

“SD itu akan kita menggaet kembali peserta anak-anak didik mungkin dengan kepala desa atau masyarakat di situ mengarahkan anak-anaknya memanfaatkan SD itu,” kata dia.

H. Akhmad Rizali Noor juga menegaskan bangunan tidak terpakai itu tidak akan dianggarkan ke desa, tetap menjadi sarana pendidikan.

“Apakah kami akan membangun TK atau SD itu akan kami lihat di perkembangan anak didik,” pungkasnya

Dia mengimbau setiap guru agar mendekati orang-orang yang dekat sekolah itu supaya anak-anaknya tetap bersekolah jangan sampai putus sekolah terserah di mana saja mau sekolah asal jangan sampai berhenti untuk belajar. (mj-26/dya)

Komentar

Berita Terkini