oleh

Sanksi Pelaku Narkoba Dianggap Ringan, Bagaimana Tanggapan Komisi I ?

Sanksi bagi pelaku Narkoba masih dianggap atau dinilai ringan oleh masyarakat. Terbukti kasus ini masih sangat tinggi terjadi di Indonesia, baik di daerah terutama di Kalimantan Selatan.

BANJARMASIN, koranbanjar.net –
Menyikapi hal itu, Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Suripno kepada pers mengatakan, selama ini apa yang menjadi putusan pengadilan dianggap putusan itu masih mengecewakan masyarakat.

“Walaupun demikian, kami selaku wakil rakyat meminta kepada aparat hukum baik kepolisian agar melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai Garda terdepan dalam memberantas narkoba ini lebih ditingkatkan,” pintanya dengan tegas saat berada di gedung DPRD Kalsel Banjarmasin, Kamis (24/9/2020).

Sedangkan untuk kejaksaan, lanjutnya. Sebagai eksekutor dalam menetapkan putusan, dirinya berharap kejaksaan untuk lebih jeli terhadap kasus yang diangkatnya.

“Karena apabila keputusan atau tuntutan yang dibuat ini masih dianggap ringan oleh masyarakat itu akan berdampak bagi pengedar dan pengguna tidak akan jera,” cetusnya.

Kemudian bagi pengadilan yang memutuskan perkara agar lebih mempelajari dan memperdalam dasar-dasar langkah yang terjadi.

“Ini tentunya kita kaitkan dengan kondisi yang berdampak pada masyarakat untuk bisa memberikan putusan setinggi-tingginya,” tuturnya.

Disentil tentang tuntutan hukuman seumur hidup yang dijatuhkan oleh kejaksaan terhadap pelaku kasus Narkoba 300 Kg, Suripno menilai itu haknya eksekutor untuk menetapkan berat tidaknya perbuatan si terpidana tersebut.

“Mudah-mudahan hak mereka ini juga sejalan dengan apa yang di pikiran para hakim dalam rangka memutuskan,” ucapnya.
.
Kalau sejalan seperti ini imbuh Suripno, Insa Allah penegakan hukum termasuk masalah pencegahan Narkoba dapat berjalan dengan baik.

Tetap kalau masing-masing penegak hukum membuat persepsi berbeda, maka itulah mungkin salah satu kendala yang mengakibatkan Narkoba itu tetap ada jaringan, tandasnya.

Kasus Narkoba bukan kasus lokal tetapi sudah merupakan kasus nasional, baik di Kalimantan Selatan maupun di daerah lainnya.

Ini menjadi masalah serius bagi Negara Indonesia karena Narkoba merupakan kejahatan yang sangat perlu dibasmi atau perlu ditindaklanjuti agar ini bisa ditekan. (yon)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: