,

Rusmini; Menjembatani Aspirasi Masyarakat Itu Adalah Kepuasan

oleh -317 views
Hj. Rusmini
Hj. Rusmini

Perjalanan hidup seseorang sudah tentu tak bisa ditebak. Ada yang tadinya cuma seorang pedagang kecil, kemudian menjadi pengusaha ternama. Tidak berbeda dengan perjanan hidup yang dialami anggota DPRD Banjar periode 2019 – 2024 ini. Dia adalah anggota DPRD Banjar dari Partai Demokrat, Hj Rusmini.

MUHAMMAD NURHUDA, Martapura

“Saya baru di dunia politik, karena latar belakang saya dulu di wiraswasta dan juga hobi di seni dan karyawati sebuah bank di kalsel ”

Demikian sekelumit kalimat pembuka dari Hj Rusmini, yang merupakan istri pengusaha asal Martapura ini.

Menurut Hj. Rusmini, sebetulnya dia tidak memiliki basic sebagai seorang politisi, namun langkahnya menjadi seorang politisi terus mengalir hingga diberikan kepercayaan oleh masyarakat Kabupaten Banjar untuk menduduki kursi DPRD Banjar selama 3 periode (2009-2014),(2014-2019),(2019-2024).

Hj. Rusmini dikenal dalam lingkungan keluarga sebagai seorang wanita yang mandiri dan kasih sayang dengan kedua orangtuanya. Dia memiliki sifat ingin tahu yang sangat besar, serta mempunyai sikap kritis terhadap berbagai persoalan di lingkungannya. Sedikit saja menemui kejanggalan dalam kehidupan bersosialisasi, dia langsung mencari tahu sebabnya hingga ke akar-akar, sampai dia memahami betul persoalan tersebut.

Piala Kejuaraan Model
Piala Kejuaraan Model

Menjadi publik figur bukanlah hal yang baru bagi Hj.Rusmini. Sewaktu masih kuliah, dia memiliki hobi sebagai modelling. Bahkan dia sering menjuarai lomba modelling. Setelah itu, Hj. Rusmini bekerja di sebuah bank selama hampir 2 tahun.

“Sedikit kisah lucu sewaktu saya masih bergelut di dunia model, pada waktu itu sebuah produk kendaraan masuk ke Kalimantan, saya dipercaya menjadi modelnya bersama seorang teman yang sekarang juga menjadi anggota DPRD. Lucunya, kami berdua tidak bisa mengendarai sepeda motor itu, akhirnya cuma dengan pengalaman naik sepeda, proses iklan kendaraan itu tetap berjalan,” ungkapnya.

Berhenti dari pekerjaan sebagai karyawati bank, lalu dia terjun ke dunia politik dan bergabung dalam partai politik Partai DEMOKRAT sejak tahun 2009, hingga menjadi anggota DPRD Banjar selama 3 periode.

“Saya sangat menghargai dukungan masyarakat dan relawan, karena sudah mempercayai, sehingga dapat terpilih sebagai anggota DPRD Banjar,” jelas dia.

Untuk itu, dia sangat berterima kasih kepada semua pendukung, timses, relawan dan masyarakat. “Semoga saya slalu bisa menjadi jembatan& mewakili untuk masyarakat,” jelasnya.

Semenjak terpilih menjadi anggota dewan, dia bertekad memperjuangkan aspirasi masyarakat Kabupaten Banjar.

“Saya pernah melakukan hal yang besar menurut saya, dan itu saya anggap pengalaman yang sangat berharga dan bekesan, salah satu contoh dimana saya pernah membantu suatu desa untuk menjembatani aspirasi mereka yg bukan bantuan dr daerah , dan itu sukses membuat desa itu mendapatkan bantuan. Kenapa sangat berkesan, karena jumlahnya itu tidaklah sedikit dan juga selama berapa tahun kita melakukan kegiatan sosial untuk saudara kita yang cacat mental untuk menjembatani mereka mendapatkan perawatan gratis dan sampai sebagian dari mereka dinyatakan sembuh dan banyak hal-hal lainya merupakan pengalaman berharga yang kita bisa lakukan terus berjuang untuk masyarakat, itulah yang membuat saya merasakan kepuasan pribadi yang kita lakukan, semoga saya dapat terus bisa menjadi jembatan masyarakat,” ungkap dia.

Ke depan, Hj. Rusmini bertekad akan terus memperjuangkan aspirasi masyarakat. Ingin lebih banyak lagi membantu masyarakat, bisa lebih banyak lagi menyampaikan aspirasi masyarakat,  dari hasil semua evaluasi dua periode sebelumnya.(*)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan