Hukum & PeristiwaNasional

RS Setempat Laporkan 30 Orang Tewas Akibat Gempa Sulteng

SULAWESI TENGAH, KORANBANJAR.NET – Daerah di Sulteng diguncang oleh gempa 7,7 SR, Jumat (28/09) dan sejumlah gempa susulan, satu diantaranya berkekuatan 6,7 SR. Sebelumnya, gempa 6,1 SR di Sulawesi Tengah menewaskan beberapa orang, 10 cedera dan puluhan rumah rusak.

Kepala BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) Dwikorita Karnawati, mengatakan ombak Tsunami menerjang sampai setinggi 3 meter.

“Peringatan bahaya Tsunami yang dipicu oleh gempa itu diberlakukan selama setengah jam saja, dan berakhir setelah tsunami berhenti,” ujarnya.

Pihak BNPB pun belum mengumumkan secara pasti angka korban tetapi laporan dari 3 rumah sakit yang dilihat kantor berita Associated Press hari Sabtu (29/09) tercatat ada 18 orang yang tewas, sementara menurut keterangan rumah sakit setempat sedikitnya 30 orang tewas akibat gempa tersebut.

BACA JUGA  Sebanyak 289.000 Butir Zenith Dimusnahkan Oleh Polres Banjarbaru

Juru bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan satu jembatan besar di Kota Palu runtuh dan di kota itu berserakan puing-puing reruntuhan bangunan.

Sementara itu, Presiden Jokowi telah memerintahkan Menkopolhumkam untuk mengkordinasikan tanggapan pemerintah terhadap gempa bumi dan tsunami yang menerpa Sulawesi Tengah.

Presiden juga mengatakan bahwa ia sudah memerintahkan Panglima TNI melakukan upaya pencarian, penyelamatan dan evakuasi yang diperlukan.(al/voaindonesia/ana)

Tags

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close