oleh

RS Ratu Zalecha Siapkan Fasilitas Tambahan Untuk Kesehatan Jamaah Haul

MARTAPURA, koranbanjar.net – Untuk melayani kesehatan jamaah Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha akan memberikan fasilitas tambahan.

Fasilitas tambahan tersebut berupa penambahan 10 bed atau tempat tidur di Ruang IGD dan menyiapkan RS Lapangan.

Menurut Direktur Umum (Dirut) RSUD Ratu Zalecha Martapura, Dr. Tofik Norman Hidayat, jutaan jamaah dari berbagai daerah bahkan dari mancanegara pasti akan datang memadati Sekumpul. Oleh karena itu untuk mengantisipasi jamaah yang memerlukan penanganan kesehatan, Pihaknya akan menyiapkan fasilitas tambahan.

“Untuk RS Lapangan nantinya akan ditempatkan di Simpang Empat Galeri Alzahra Sekumpul dari hari Sabtu- Senin, 29 Februari – 2 Maret,” ucap Dirut RSUD Ratu Zalecha. Jumat (21/2/2020).

Nantinya RS Lapangan juga akan diisi oleh tenaga medis dan paramedis terlatih dan didukung dengan peralatan minimal mini ICU, obat-obatan serta ambulans.

“Dengan adanya RS Lapangan ini diharapkan dapat membantu jamaah yang mengalami masalah kesehatan dengan cepat sekitar Kubah Sekumpul,” harap Tofik.

Selain itu, RSUD Ratu Zalecha juga akan menerima pasien rujukan dari semua posko kesehatan haul.

“Maka dari itu kami menambah 10 bed di ruangan IGD serta menambah tenaga shift jaga,” terang Tofik.

Tofik juga menuturkan, sebanyak 110 personil yang terdiri dari 21 tenaga medis, 48 paramedis dan sisanya petugas lain seperti sopir, perlengkapan dan medis.

“Nantinya mereka akan ditempatkan di RS Langsung dan IGD RS,” imbuhnya.

Terkait biaya pelayanan kesehatan, kata Tofik, semua pelayanan baik rawat jalan maupun rawat inap akan ditanggung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten dan Provinsi bagi yang tidak memiliki kartu jaminan kesehatan.

“Tetapi, kami berharap agar setiap posko kesehatan haul dapat menangani masalah kesehatan ringan, jangan langsung merujuk ke rumah sakit. Dikarenakan jalur evakuasi menuju RS tidak dapat diprediksi, mengingat padatnya jamaah,” tutupnya. (har/maf)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: