Tak Berkategori  

Ratusan Siswa Kotabaru Ikuti Sosialisasi Karhutla

KOTABARU, KORANBANAJR.NET – Kegiatan lanjutan kemah bakti berupa sosialisasi karhutla (karhutla) tingkat pelajar dari siswa-siswi SMP dan SMA sederajat di Kabupaten Kotabaru dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kotabaru, Kabupaten Kotabaru, Sabtu (24/11/2018).

Sosialisasi karhutla yang diadakan dengan tema “Hutan Lestari Manusia Hidup Berarti” ini diikuti 116 peserta dari siswa-siswi SMP/MTs dan SMA/SMK/MA se Kabupaten Kotabara.

Tujuan dari sosialisasi ini di antaranya adalah untuk menimbulkan kesadaran diri bagi generasi muda, khususnya para pelajar agar lebih peduli dalam menjaga hutan dan lahan, menumbuhkan kepedulian terhadap hutan dan lahan, menyadari pentingnya fungsi hutan dan lahan sebagai paru-paru dunia, ikut berpartisipasi dalam pencegahan karhutla, serta menanamkan rasa tanggung jawab dalam mengemban tugas di lapangan ketika ada karhutla.

Kegiatan sosialisasi karhutla ini dirangkai dengan pentas seni yang ditampilkan oleh masing-masing sekolah, penanaman pohon secara simbolis oleh Bupati Kotabaru dan Kepala Seksi (Kasi) Perlindungan Hutan M Hariyadi mewakili Kesatuan Pengelolaan Hutan Pulau Laut Sebuku (KPH PLS).

Selanjutnya, peserta sosialisasi karhutla dibekali materi perihal dampak karhutla, dan dasar-dasar perlindungan hutan, khususnya tentang hal-hal yang dapat merusak hutan serta gangguan keamanan atas hutan serta fungsi hutan secara umum oleh KPH PLS.

Sosialisasi karhutla ini turut dihadiri oleh anggota Polsek Pulau Laut Utara, anggota Polres Kotabaru, Dinas Pendidikan, pihak PT Arutmin Indonesia, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotabaru, serta para anggota pemadam kebakaran Kotabaru. (dshtklsl/dny)