Baznas

Ratusan Kubik Sampah Cemari Pantai Batakan, Pembersihan Terkendala Sarana

- Tak Berkategori
  • Bagikan

BATAKAN, Koranbanjar.net – Ratusan kubik sampah cemari sepanjang Pantai Batakan Desa Batakan Kecamatan Panyipatan Kabupaten Tanah Laut, sehingga merusak keindahan objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan lokal, domestik dan mancanegara tersebut.

Ketua Karang Taruna Harapan Kita Desa Batakan, Sanul mengaku saat ini terus melakukan pembersihan pantai batakan meski hanya menggunakan tenaga manual dan peralatan seadanya.

“anggota karang taruna harapan kita setiap ada waktu secara gotong royong membersihkan sampah yang menumpuk di sepanjang pantai,” ungkapnya.

Sanul mengakui upaya pembersihan pantai batakan sangat terkendala oleh sarana angkut sampah seperti kendaraan pengangkut sampah untuk membuang sampah ke tempat pembuangan.

“kendala kami saat ini sarana angkut sampah seperti kendaraan pengangkut sampah untuk membuang sampah ke tempat pembuangan tidak ada, jadi sampah hanya ditumpuk dipinggir agar pengunjung lebih nyaman berjalan di pasir pantai,” jelasnya.

Lebih lagi, Sanul berharap kerjasama dan bantuan dari pemerintah agar bisa menyiapkan kendaraan pengangkut sampah yaitu truk kontainer untuk mengangkut sampah ke tempat pembuangan.

“kami berharap pemerintah daerah bisa membantu menyiapkan truk kontainer untuk mengangkut sampah ke tempat pembuangan lantaran sampah yang harus dikeluarkan dari pantai sangat banyak, juga sampah banyak yang berukuran besar seperti batang pohon,” harapnya.

Sementara itu, Sanul membeberkan sampah-sampah yang mencemari pantai batakan ini memang rutin ada setiap tahun menutupi pasir pantai, jadi kalau tidak sering dilakukan pembersihan sampah akan semakin banyak menumpuk di sepanjang pantai dan merusak keindahan pantai dan mengganggu kenyamanan pengunjung yang datang untuk berwisata.

“sampah-sampah ini memang rutin setiap tahun ada, jadi kalau tidak sering dibersihkan sampah akan semakin menumpuk disepanjang pantai sehingga mengurangi keindahan pantai dan mengganggu kenyamanan pengunjung yang berwisata,” bebernya.(pri)

  • Bagikan