PTM Tertinggi Di Puskesmas Kelua

oleh -121 views
PTM Tertinggi di Puskesmas Kelua
Pemeriksan pasien di Puskesmas Kelua Tabalong. (Foto: Maulida/koranbanjar.net)

KELUA, koranbanjar.net – Di Puskesmas Kelua Kabupaten Tabalong sekarang ini banyak menangani pasien dengan penyakit tidak menular, terbanyak dibandingkan penyakit menular seperti yang dijelaskan Kepala Puskesmas Kelua dr. Oni Erawati kepada koranbanjar.net, Selasa (3/9/2019).

“Angka penyakit yang tidak menular saat ini lebih tinggi dibandingkan dengan penyakit menular, karena sebagian dari kita tidak terlalu banyak bergerak dan makan makanan sembarangan,” jelasnya.

Dulu penyakit yang lebih dominan itu adalah infeksi seperti, TBC (Tuberculosis), Hepatitis, Malaria, Cacar Air, dan Influenza atau penyakit menular dari satu orang ke orang lain.

“Sekarang ini penyakit yang tidak menular itu bisa terjadi karena dari pola hidup yang kurang bagus dan tidak sehat,” imbuh dia.

Penyakit yang tidak menular itu seperti Hipertensi, Stroke, Kencing Manis, Gangguan Metabolik, Diabetes dan lain sebagainya.

Kebanyakan penyakit yang tidak menular ini dikarenakan faktor pola hidup dan makanan.

“Kebanyakan dari kita suka makan makanan manis, berlemak, asin, dan suka beli makanan di luar atau cepat saji, apalagi kita tidak tahu bumbu apa saja yang dipakai di luaran dan lebih baik kita membuat makanan sendiri di rumah,” pesan dia.

Tidak bisa dipungkiri untuk kalangan usia, masalah penyakit tidak bisa diprediksi tidak lagi melulu ke orang yang sudah tua melainkan dari usia muda hingga dewasa.

“Untuk saat ini usia 15 tahun sudah mulai di cek kadar darahnya, makanya sekarang ini ada program pemerintah di mana PTM atau Posbindu itu diawali dari usia 15 tahun ke atas sampai usia lanjut, karena saat ini di usia muda sudah ada yang mengalami kencing manis, darah tinggi dan sebagainya,” jelasnya.

Penyebab penyakit tidak menular itu tidak dikarenakan hanya pola hidup dan makanan tetapi bisa jadi faktor genetik atau keturunan.

Seperti halnya hipertensi, hipertensi itu ada 2 jenis yaitu hipertensi esensial artinya dasar yang memiliki pembawa di dalam tubuh atau garis keturunan dan non-esensial bukan dari keturunan melainkan penyakit yang lain salah satunya penyakit ginjal itu akan menyebabkan orang hipertensi.

Di Poli Umum Puskesmas Kelua sering menangani beberapa penyakit seperti, hipertensi, gangguan lambung, diabetes, gangguan saluran cerna, dan lainnya berkaitan dengan PTM atau Penyakit Tidak Menular. (mj-26/dya)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan