PT NKL Laksanakan Seleksi Tenaga Kerja

oleh -528 views
Perwakilan PT NKL memberikan materi seputar perusahaan sebelum pelaksanaan seleksi (foto: ist/koranbanjar.net)

BANJARBARU,KORANBANJAR.NET – PT. Nusantara Kalimantan Lestari (NKL) yang bergerak dibidang perkebunan tanaman industri, melaksanakan seleksi tenaga kerja di Sekolah Menengah Kejuruan – Pertanian Pembangunan (SMK PP) Negeri Banjarbaru.

Menurut perwakilan PT. NKL, Yustinus Sarono di Banjarbaru, Selasa (5/2), kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada Kamis, 30 Januari lalu di ruang rapat SMK PP Negeri Banjarbaru.

“Seleksi kami laksanakan dalam rangka penambahan tenaga kerja, sehubungan dengan rencana perluasan area lahan tanam PT. NKL di wilayah Kalimantan,” ujarnya.

Saat ini PT NKL telah melakukan penanaman seluas 4.000 hektar dan rencananya akan menambah area lahan tanam menjadi seluas 40.000 hektar, dengan akasia serta ekaliptus yang merupakan bahan baku industri kertas dan tekstil sebagai tanaman pokok.

Yustinus Sarono mengatakan, Kegiatan seleksi tenaga kerja tersebut diikuti oleh tujuh orang peserta yang terdiri dari lima orang alumni SMK PP Negeri Banjarbaru dan dua orang dari SMK PP Negeri Paringin.

“Sedangkan yang bertindak sebagai tim seleksi, dua orang perwakilan PT. NKL di Kalimantan, yaitu dari Estate PT. Industrial Forest Plantation (IFP) di Kabupaten Kapuas, Kalimatan Tengah (Kalteng),” katanya.

Sebelumnya, peserta diberikan materi berisi informasi seputar PT. NKL. Kemudian dilanjutkan dengan test wawancara oleh Human Resource Development (HRD) PT. NKL.

Yustinus Sarono yang juga tercatat sebagai Manager Estate PT. IFP Kapuas itu menambahkan, dari hasil test wawancara tersebut bila peserta bersangkutan lanjut ke jenjang seleksi, maka akan dipanggil kembali.

“Setelah dinyatakan lulus, mereka bisa berkarir di PT. NKL mulai dari jenjang mandor, asisten hingga manager,” tambahnya.

Diharapkan, kerja sama rekruitmen tenaga kerja dengan SMK PP Negeri Banjarbaru dapat terus berjalan sebagai bentuk kerja sama dengan dunia swasta, untuk bersama-sama membangun hutan tanaman industri yang saat ini sedang dikembangkan PT. NKL di Kalimantan.

Kegiatan seleksi itu sendiri merupakan program dari Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK PP Negeri Banjarbaru untuk menjembatani para alumni agar dapat terhubung dengan pihak pencari kerja. (wd/ndi)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan