Tak Berkategori  

PMB ARYA Beri Edukasi Berhadiah, Ibu dan Balita Senang

BANJARBARU, koranbanjar.net – Puluhan emak-emak ini begitu bahagia di hari perayaan HUT RI ke-74. Pasalnya, di hari kemerdekaan mereka mengajak anak bermain bersama sekaligus mendapat edukasi tentang ibu hamil dan kesehatan balita.

Kegiatan itu digelar oleh Owner Praktek Mandiri Bidan (PMB) ARYA Hj Erly Marlina dalam rangka merayakan HUT RI ke-74, Sabtu (17/8/2019), dengan 2 sesi kegiatan: Mama Class dan Kids Class.

Untuk sesi Mama Class tetang menghindari 4 Terlalu untuk mencegah kematian ibu dan anak. Sementara untuk Kids Class dengan tema ‘isi piringku’ serta pemberian vitamin A dan obat cacing pada balita.

Menariknya, edukasi yang disampaikan dibungkus dengan game sehingga mudah dipahami dan menyenangkan. Seperti game ‘isi piringku’ para ibu-ibu diharuskan mengisi porsi makanan pada piring melalui media poster yang sudah disediakan.

Owner PMB ARYA Bidan Hj Erly Marlina, SST
Owner PMB ARYA Bidan Hj Erly Marlina, SST.

Rupanya ada beberapa ibu yang masih kurang tepat dalam menentukan jadwal makan dan porsi ideal yang dianjurkan, yakni dari setengah piring: sepertiga sayuran dan satu pertiganya buah-buahan. Sementara setengah piring lainnya: dua pertiga makanan pokok dan satu pertiganya lauk pauk.

Selain itu, juga dijelaskan kapan saja pemberian vitamin A pada balida, yakni pada Februari dan Agustus.

Selain edukasi untuk ibu – ibu yang mempunyai balita, juga ada edukasi kesehatan untuk ibu-ibu yang sedang hamil. Para ibu hamil juga diajak senam ibu hamil pada usia kehamilan 24 minggu ke atas.

Berbagai permainan mengedukasi antusias diikuti para ibu dan balita, di samping memperebutkan hadiah yang disediakan Owner PMB ARYA.

Salah satu ibu asal Martapura, Rahmawati Lestari mengatakan, kegiatan yang dilakukan PMB ARYA sangat menarik dan dirinya mengaku banyak mendapat pengetahuan.

Rahmawati Lestari
Rahmawati Lestari bersama anaknya.

“Seperti bisa memanajemen anak dengan baik dan benar. Di sini juga banyak game yang berfaedah dan hadiahnya juga banyak, alhamdulillah sangat bermanfaat dan menguntungkan bagi ibu-ibu seperti saya,” tuturnya. Ia menambahkan, baru mengetahui pemberian vitamin A itu ada jadwal khusus, serta jadwal makan yang bagus seperti apa.

Owner PMB ARYA Hj Erly Marlina menjelaskan, ASI eksklusif adalah program pemerintah dan sudah ada undang-undangnya. Ia menuturkan, pemberian ASI eksklusif sejak lahir bahkan harus disiapkan sejak pemeriksaan kehamilan oleh bidan.

“Jadi pemberian ASI dilakukan dari nol bulan sampai (umur) dua tahun, kalau ASI eksklusif dari nol sampai enam bulan, utuk pemberian makanan pendamping dari enam bulan sampai selanjutnya,” tutur Erly. (dra)