PLN “Lelet” Melayani Keluhan Warga

oleh -208 views

BANJARMASIN,KORANBANJAR.NET – Salah satu pelayanan publik yang dipermasalahkan dan menjadi keluhan masyarakat selama ini selain BPJS dan PDAM, tak lain adalah listrik.

Kawasan mantuil permai kerap menjadi sasaran pemadaman listrik secara tidak wajar,anehnya hanya sebagian yang mengalaminya,sedangkan sebagian yang lain masih satu kelurahan tidak mengalami pemadaman.

Ironisnya selain pemadaman sepihak ditambah waktu yang lama, PLN lamban dalam menangani hal tersebut meskipun sudah dihubungi melalui via telepon 123.

Salah satu tokoh masyarakat H.Sadin warga Antasan Bondan RT 03 Kelurahan Mantuil Kecamatan Banjarmasin Selatan mengeluhkan pelayanan perusahaan plat merah tersebut.

Ketika Koranbanjar.net memintai tanggapan mengenai seringnya mati lampu di kawasan tempat tinggalnya, ia berkata “Kalau ada keluhan dari warga kita, tolonglah cepat, segera ditindaklanjuti,”ucapnya beberapa hari yang telah lewat.

Ia mengingatkan kepada PLN bidang gangguan untuk segera memperbaiki pelayanannya, jangan sampai masyarakat berpikir negatif terhadap Perusahaan Listrik Negara tersebut.

“Yang jadi masalah itu adalah ketika warga kita menelpon PLN di ssaat ada gangguan, petugasnya bilang begini ,ya nanti kita siapkan petugasnya untuk segera kesana,” ucapnya menirukan salah satu petugas gangguan.

Lanjut H.Sadin menjelaskan “ternyata setelah ditunggu-tunggu, 4 sampai 5 jam, petugas dari PLN baru bisa datang, nah ini kan akhirnya membuat masyarakat merasa kecewa dan kesal,” terangnya.

Ia mengakui kalau pemadaman ini tidak wajar,karena sebagian kawasan mantuil ada yang listriknya mati,ada yang masih nyala.Ketika hal itu ditanyakan kepada beliau mengapa bisa terjadi.

“itu kesalahan PLN waktu dulunya saat membagi jaringan,” jawabnya sembari mengiyakan kalau ada beberapa komplek perumahan di wilayahnya memiliki travo sendiri.

Alasan yang dikemukakan mengenai hal itu,menurut penjelasan H.Sadin adalah dikarenakan trav yang ada di perkampungan tidak sanggup menampung beban, disebabkan makin bertambahnya penduduk di kawasan mantuil permai.

“Permasalahan ini sudah lama sekali,kurang lebih 2 atau 3 tahun” ujarnya saat ditanya sudah berapa lama keadaan ini.

Manajer Unit Layanan Pelanggan PLN Cabang Ahmad Yani Km 4 Banjarmasin, Eko Bagus menjelaskan saat koranbanjar.net melakukan konfirmasi,Kamis(17/01/2019)

“Ini mungkin karena cuaca buruk beberapa hari ini, memang kami rasakan banyak sekali berakibat pada gangguan jaringa saluran udara, dan kebetulan di daerah mantuil juga sangat rawan gangguan sehingga pemadaman yg dilakukan bukan kesengajaan atau padam bergilir,” bantah Eko.

Namun Ia mengakui baru saja bertugas di Banjarmasin,dan belum mengenal pula wilayah mantuil,hal inilah yang juga membuat Eko tidak mengetahui kalau beberapa komplek perumahan yang ada di kawasan mantuil memiliki travo yang berbeda.

“Perumahan mana maksudnya pak,coba nanti saya cek lagi apakah jaringannya berbeda atau bagaimana,maklum saya belum hapal seluruh jaringan yg ada,”kilahnya

Ia berharap semoga kedepan lebih baik karena menurutnya di daerah mantuil banyak jaringan di pinggir sungai dan sudah mulai diperbaiki.(al/sir)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan