oleh

Plaza Jokowi Di Tahura Sultan Adam Mandiangin

KARANGINTAN,koranbanjar.net – Setelah sebelumnya Presiden RI Ir H Joko Widodo atau dikenal dengan sebutan Jokowi, melakukan penanaman bibit pohon Gaharu (gyrinops versteegii) di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam Mandiangin Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar pada Kamis (26/11/2015), ke depannya di kawasan itu bakal dijadikan plaza diberi nama Plaza Jokowi.

Kawasan sekitar yang tumbuh subur tanaman sebatang pohon Gaharu oleh Jokowi, bibit pohon Nangka oleh Iriana Joko Widodo dan bibit pohon durian dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan 9LHK) Siti Nurbaya Bakar, diperluas daan sebagian lahan telah dibersihkan menggunakan eskavator. Plaza Jokowi berbentuk ruang terbuka dan taman.

Kepala Badan Pengelola (BP) Tahura Sultan Adam Rahmada Riansyah kepada koranbanjar.netmengemukakan, berdasarkan lanskap Plaza Jokowi maka tiga pohon yang ditanam Presiden Jokowi, Ibu Iriana dan Menteri LHK akan berada di tengah Plaza Jokowi.

Plaza Jokowi terletak sebelum Kolam Belanda atau di samping kanan kolam peninggalan Belanda. Di sekeliling plaza dibangun tempat duduk yang menghadap tiga pohon ditanam tiga  pejabat tersebut. Pohon Gaharu maupun Nangka dan Durian tumbuh subur di kawasan Tahura Sultan Adam di bawah pengelolaan Dinas Kehutanan Kalsel melalui BP Tahura, kendati memasuki musim kemarau. “Plaza Jokowi menjadi salah satu daya tarik pengunjung,” kata Rahmad.

Kapan Plaza Jokowi selesai dibangun? Pekerjaan masih tahap awal yakni pembukaan lahan. Diperkirakan akhir tahun sudah sudah diselesaiakan pembuatannya. “Paling tidak awal 2020 sudah bisa dinikmati,” imbuh dia, Kamis (25/7/2019). (dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: