Pilkada Kalsel 2020, Partisipasi Pemilih di HSS Menurun

  • Bagikan
Ketua KPU HSS, Nida Guslaili Rahmadina. (Sumber foto: Humas HSS)
Ketua KPU HSS, Nida Guslaili Rahmadina. (Sumber foto: Humas HSS)

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Nida Guslaili Rahmadina menyampaikan bahwa partisipasi masyarakat menurun atau urutan ke 8 dari 13 kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2020.

HULUSUNGAISELATAN, koranbanjar.net – Dikatakannya, tahun ini masyarakat enggan menggunakan hak pilihnya hingga pada saat pemungutan angka partisipasi masyarakat hanya 58,09 persen.

“Meski berbagai cara sudah kita lakukan, tapi inilah salah satu tantangan ke depan untuk kita penyelenggara KPU,” ucap Nida Guslaili, Selasa (15/12/2020).

Ia mengatakan, tantangan ke depan yang harus dihadapi KPU adalah meyakinkah masayarkat agar berkenan memberikan hak suara atau hak pilihnya saat Pilkada mendatang.

“Khususnya mengajak dan meyakinkan masyarakat menggunakan hak pilihnya, ini akan menjadi evaluasi bagi kami,” kata Nida.

Partisipasi Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel di Kabupaten HSS tercacat hanya sebesar 58,09 persen, dengan rincian‎ Kecamatan Kandangan 61,29 persen, Sungai Raya 62, 48 persen, Simpur 63, 46 persen, dan Kecamatan Kalumpang 64,11 persen.

Kemudian, Kecamatan Angkinang sebesar 63, 05 persen, Telaga Langsat 69,72 persen, Padang Batung 66,75 persen, Loksado 53, 53 persen‎, Daha Selatan 40,34 persen, Daha Utara 49,82 persen, serta Kecamatan Daha Barat 45, 00 persen.

Pihaknya bersyukur, karena sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) HSS menempati urutan pertama 100 persen untuk Sirekap Provinsi Kalsel dan 9 besar se Indonesia.

“Ini sungguh luar biasa, perjuangan bersama kawan-kawan. Salam demokrasi kepada PPS dan KPPS, berkat kerja keras mereka akhirnya Sirekap bisa 100 persen pukul 22.00 wita 13 Desember kemarin,” tuturnya.

Sedangkan dalam pelaksanaan Pilkada Kalsel, Nida menambahkan, Kabupaten HSS dikategorikan berjalan tertib, aman, lancar dan sehat.

“Selama proses, tidak ada kendala yang begitu berarti. Alhamdulillah hari ini penyelenggara tingkat kecamatan dalam keadaan sehat wal afiat,” ungkapnya.

Nida juga mengucapkan terima kasih atas dukungan berbagai pihak, terutama Pemerintah Kabupaten HSS, Kepolisian, TNI, Bawaslu, stakeholder terkait yang telah mendukung KPU selama proses tahapan Pilkada. (mj-030/dya)

NEWS STORY
  • Bagikan