oleh

Petani Jangan Khawatir, Pemerintah Punya Program Lanjutan Pasca HPS

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Melalui rapat pemantapan koordinasi untuk persiapan Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 38 Tahun 2018 yang dilaksanakan di ruang rapat H Aberani Sulaiman, Perkantoran Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Jumat (28/9) kemarin, Direktorat Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan RI, Dadih Pending Permana, mengatakan, masyarakat petani dan pemerintah daerah di Provinsi Kalimantan Selatan tidak perlu khawatir pada program lanjutan pemerintah di bidang pertanian pasca Peringatan HPS nanti.

Pasalnya, pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan) RI, telah mempersiapkan program terukur selama tiga tahun untuk memberikan  pendampingan pelatihan serta pengalokasian anggaran untuk progam lanjutan pasca Peringatan HPS.

Dadih Pending Permana mengemukakan, pihaknya telah memiliki sejumlah program strategis pasca HPS. Program itu antara lainnya adalah memberikan pendampingan penguatan kelembagaan dan pengetahuan teknis manajerial bagi masyarakat atau kelompok tani di areal lokasi HPS maupun kampung pertanian.

“Kami telah melakukan kerja sama dengan lembaga profesional di bidangnya untuk memberikan pendampingan kepada masyarakat atau kelompok petani. Tujuannya , agar pemanfaatan lahan rawa dan gambut  yang telah dimanfaatkan untuk pertanian tetap berkelanjutan sesuai harapan,” ucapnya.

Kendati demikian, dirinya menyebutkan, pemerintah daerah atau stakeholder terkait juga memiliki peran penting untuk turut memberikan pendampingan melalui tenaga-tenaga penyuluh pertanian atau SDM profesional lain sesuai bidangnya.

Terkait evalalusi persiapan pelaksanaan HPS, diutarakan pejabat eselon 1 Kementan RI ini, berdasarkan pantauan lapangan di dua titik tempat pelaksanaan, baik di Desa Jejangkit Muara, Kabupaten Barito Kuala (Batola) maupun di Kampung Pertanian pada areal Perkantoran Pemprov Kalsel, Banjarbaru, sudah mengalami kemajuan signifikan.

Dalam rapat koordinasi itu, Dadih berharap, kegiatan gelar teknologi pertanian dan pameran kampung pertanian, dapat terlaksana dengan sukses melalui kerja sama yang kokoh dari segenap pihak.

Sementara itu, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, yang pada rapat koordinasi itu diwakili oleh Sekdaprov Kalsel, Abdul Haris Makkie, mengapresiasi dukungan nyata pemerintah, seluruh stakeholder, serta masyarakat, dalam mempersiapkan acara Peringatan HPS ke 38 hingga sampai pada rencana pelaksanaan program lanjutan pasca kegiatan HPS nanti.

Rapat pemantapan koordinasi untuk persiapan Peringatan HPS ke 38 Tahun  2018 ini dihadiri oleh sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Kalsel, seperti Kepala Badan Ketahanan Pangan RI, Agung, Sekdaprov Kalsel, Abdul Haris Makkie, Ketua TP PKK Kalsel, Raudhatul Jannah Sahbirin Noor dan Karo Humpro, Kurnadiansyah. (hmsprov/dny)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: