oleh

Petani Ikan Marabahan Usul Pengadaan Bibit Nila Kepada DPRD Kalsel

BATOLA, koranbanjar.net – Petani ikan di Marabahan, Barito Kuala(Batola) mengusulkan kepada anggota DPRD Kalimantan Selatan dalam hal ini Komisi I, mengenai pengadaan bibit ikan nila untuk 280 keramba milik petani. Ikan-ikan tersebut diketahui banyak mati akibat tingginya kadar keasaman air sungai di sepanjang perairan DAS Barito.

Usulan tersebut diungkapkan saat salah satu anggota DPRD Kalsel Hasanuddin Murad melakukan reses di wilayah Kabupaten Barito Kuala yang dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 19 – 23 Februari 2020.

Ada 8 titik dan 2 kelurahan yang didatangi mantan Bupati Barito Kuala 2 periode ini, Kelurahan Marabahan Kota Kecamatan Marabahan dan Kelurahan Lepasan Kecamatan Bakumpai.

Bukan saja pengadaan bibit ikan nila, masyarakat setempat juga minta percepatan pengaspalan jalan sepanjang handil bakti hingga ke marabahan, bantuan peralatan pertanian berupa handtractor, dan pengadaan pupuk serta lain-lain.

Guna melaksanakan salah satu tugasnya sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah, Hasanuddin Murad melakukan internalisasi dengan pemilihnya, di wilayah Kabupaten Batola.

Dihadapan masyarakat pemilihnya, Hasan panggilan akrabnya mengatakan, tujuan utama dari kegiatan reses ini adalah untuk menjaring aspirasi masyarakat Barito Kuala, khususnya pada titik-titik yang sudah ditentukan. Terutama untuk mendengarkan berbagai usulan dan harapan dari masyarakat, terkait pelaksanaan pemerintahan, pembangunan, dan sosial kemasyarakatan di wilayah Batola.

“Hasil serapan berupa usulan dan harapan, maupun aspirasi yang saya terima dari masyarakat Batola ini, beberapa diantaranya akan saya bawa dalam pembahasan pada rapat komisi l,” ujarnya.

Sebagian lagi katanya, akan disampaikan secara lisan maupun tertulis kepada pihak eksekutif, baik Pemerintah Kabupaten Batola, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, maupun pemerintah pusat, untuk mendapatkan tanggapan dan tindaklanjut sesuai kewenangannya masing-masing.

Daerah-daerah yang menjadi sasaran reses diantaranya Desa Bagus, Desa Baliuk, Kelurahan Marabahan Kota, Kelurahan Ulu Benteng Kecamatan Marabahan dan Desa Lepasan Kecamatan Bakumpai.(yon)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: