Baznas

Perbaikan Sementara Dilakukan untuk Jalan Trikora, Menjelang Haul Guru Sekumpul Ke-13 Mendatang

- Tak Berkategori
  • Bagikan

BANJARBARU, koranbanjar.net – Jalan Trikora yang amblas di Kelurahan Guntung Manggis pada Jumat (02/03) pekan lalu, kini sudah memasuki tahapan pemberian agregat batu agar bisa dilalui, tapi hanya untuk sementara saja.

Pemberian bahan agregat batu tersebut bertujuan agar dapat dilalui kendaraan nantinya, apalagi menjelang haul ke-13 Guru Sekumpul, 25 Maret mendatang. Karena jalan tersebut sebagai alternatif untuk menghindari terjadinya macet pada saat hari H nanti.

Hal tersebut disampaikan Staff Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatan, Bambang Risdiyanto

“Ini sementara agregat batu aja, nanti masalahnya kita akan bongkar lagi dibuat untuk permanen,” ucapnya kepada koranbanjar.net.

Bambang menambahkan, sebelumnya juga sudah dilakukan pemasangan beton U Ditch sebanyak 10 buah, itu untuk menggantikan gorong-gorong yang amblas karena sudah tidak kuat menahan beban lagi.

“Jadi sudah kita lakukan juga pemasangan beton U Ditch, dengan diameter 1,4 meter,” ungkapnya.

Dijelaskannya lagi, pemberian agregat dan pemasang beton u ditch tersebut hanya untuk sementara agar dapat dilalui pegendara dan mobil-mobil kecil, tidak untuk truk-truk besar.

“Kita masih menyuruh kontraktor, tapi masih menunggu hasil lelang bulan April mendatang dan akan kita ganti lagi bahannya menjadi bahan permanen,” ujarnya.

Penyebab amblas jalan tersebut imbuh Bambang, sebab sudah tidak kuat lagi menahan beban. Karena setiap harinya truk-truk besar dari arah Banjarmasin menuju Hulu Sungai melewati jalan tersebut.

“Penyebabnya karena umur beton yang sudah cukup tua sehingga tidak kuat lagi menahan beban dan ditambah lagi aliran air yang cukup deras menyebabkan amblas jembatan tersebut,” tutupnya.(maf/ana/kie)

  • Bagikan