oleh

Pengurus Baru IKA SMA Negeri 1 Dikukuhkan, Ini Permintaan Gubernur Kalsel Kepada Alumninya

BANJARMASIN, koranbanjar.net- Pengurus baru IKA SMA Negeri 1 Banjarmasin dikukuhkan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Sabtu (1/2/2020).

Mengutip pernyataan Gubernur Kalsel, siapapun anda, alumni manapun semuanya, agar tetap bisa bersama-sama dengan pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan, dan rakyat untuk membangun banua tercinta.

Hal itu, diungkapkan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat mengukuhkan pengurus baru Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMA Negeri 1 Banjarmasin periode 2020-2023 di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Menurutnya, pengukuhan alumni SMA Negeri 1 Banjarmasin ialah sebuah keinginan bersama para alumni untuk memberikan manfaat, paling tidak untuk sekolahnya.

Sekolah ini kan, tentu banyak proses belajar mengajar dan sebagainya, barangkali ada hal yang sedikit kurang.

“Nah, para alumni ini bisa membantunya tapi akan menjadi singnifikan bantuan itu apabila mereka berikan dengan ikhlas, caranya bergotong-royong,” ujarnya.

Walaupun bagaimana, SMA Negeri 1 Banjarmasin merupakan sekolah pertama ada di Kalsel.

Banyak alumninya yang sudah berperan serta aktif membangun banua.

“Salah satunya seperti Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Abdul Harris Makkie yang pada hari ini dilantik sebagai ketuanya,” tuturnya.

Sementara itu, Sekda Prov Kalsel, Abdul Harris Makkie mengatakan, kesepakatan para pengurus pertama, ialah dari segi database dulu di bangun.

“Itu untuk, menginterverifikasi jumlah alumni ada dimana saja, kemudian alumni itu dari namanya SMA Mulawarman sampai yang sekarang,” bebernya.

Kedua, tentu bagaimana melakukan penguatan silaturahim, dengan memanfaatkan media sosial.

“Karena bagaimanapun juga kita memahami kesibukan kita masing-masing tentu ada media yang harus kita manfaatkan untuk komunikasi kita lebih simpel dan lebih mudah,” terangnya.

Ketiga, ia menyimpulkan dari beberapa rencana, ia interverfikasi termasuk nanti kedepan rencananya membangun ataupun memiliki sekretariat.

Harapan, ada perubahan minset dikalangan alumni, terutama alumni baru nantinya.

“Ataupun alumni yang lama tapi masih produktif ada perubahan minset, perilaku dengan model kita membangun infobator bisnis, bahwa lahan bekerja itu tidak hanya di lingkugan pegawai negeri sipil atau pegawai pemerintah, kita mencoba membuka itu melalui merubah minset,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, ia bersama alumninya akan melakukan upaya untuk bagaimana, nantinya agar para alumni ini bisa terserap diberbagai sektor.

Sektor itu sendiri ada alumni – alumni SMA Negeri 1 Banjarmasin.

“Tentu ini tidak mudah kita lakukan, kita memerlukan dukungan pemerintah itu pasti, dukungan masyarakat, karena organisasi seperti ini tanpa dukungan dari pemerintah, masyarakat secara umum, secara luas akan kesulitan menjalankan,” tandasnya.

Dikatakan, tujuan lainnya ialah untuk silaturahim antar alumni dan membangun kemitraan antara alumni dengan sekolah, alumni, dengan adik yang masih bersekolah. (ags/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: