Baznas

Pengadilan Agama Marabahan Terima Pengawasan dan Penilaian Akreditasi

  • Bagikan

Pengadilan Agama (PA) Marabahan mendapat kunjungan pembinaan dan pengawasan serta assessment surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) dari tim Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Banjarmasin.

BATOLA, koranbanjar.net – Kegiatan berlangsung di kantor PA Marabahan dari 6 sampai 8 Oktober 2020. Tim pembinaan dan pengawasan dipimpin langsung Wakil Ketua PTA Banjarmasin, Luthfi. sedangkan dari tim surveillance dipimpin oleh Aan Wiharyanto.

Ketua PA Marabahan, St. Zubaidah mengatakan, pengawasan dan penilaian tersebut sebagai wujud dari profesionalitas manajemen peradilan yang tertib administrasi, serta merupakan upaya menuju pelayanan prima, akuntabel dan inovatif kepada pengguna pengadilan. Hal itu sesuai dengan tujuan visi badan peradilan, yaitu terwujudnya badan peradilan yang agung.

BACA:  Ditinggal ke Sawah, Rumah Dua Bersaudara ini ludes dilahap api

“Sedangkan secara khususnya, demi mewujudkan visi PA Marabahan, yakni terwujudnya Pengadilan Agama Marabahan yang agung,” ujar Zubaidah kepada koranbanjar.net, usai acara, Kamis (8/10/2020) siang.

Dia menjelaskan, kegiatan tersebut juga mencakup pengawasan dan pemeriksaan bagian teknis serta non teknis, di antaranya kepaniteraan, panitera muda hukum, panitera muda gugatan, pantira muda permohonan, sub bagian kepegawaian dan ortala, sub bagian perencanaan, teknologi informasi dan pelaporan, serta sub bagian umum dan keuangan PA Marabahan.

BACA:  Banyak Pedagang Marabahan Tak Pakai Pin, Kabid Perdagangan: Belum Ada Tindakan

Lebih dari itu, tim juga melakukan penilaian terhadap supervisi pelaksanaan zona integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), serta observasi seluruh sarana dan prasarana maupun layanan yang ada di PA Marabahan.

“Kegiatan itu diikuti seluruh aparatur PA Marabahan. Mereka terlihat antusias memberikan keterangan beserta bukti dan eviden yang diminta tim pengawas,” ujarnya.

Pemaparan hasil pengawasan dan penilaian tim asesor. (Foto: Dok. PA Marabahan)

Pada sesi penutupan, tim menyampaikan hasil pengawasan serta penilaian yang didapat selama kegiatan. “Laporan hasil pembinaan dan pengawasan diserahkan oleh perwakilan tim pengawas, yakni Hakim Tinggi Mahyudi. Sedangkan hasil asesment surveillance diserahkan oleh tim asesor, yakni Hasani kepada saya sendiri,” terang Zubaidah.

BACA:  Menteri Pertanian ada di Persawahan Batola. Mau apa?

Menurut mantan Wakil Ketua PA Negara (HSS) itu, berdasarkan laporan hasil yang ia terima, meski mendapat sejumlah rekomendasi perbaikan dari tim pengawas, namun secara umum PA Marabahan telah melaksanakan pembinaan dan pengawasan serta asesment surveilen APM sesuai tugas pokok dan fungsinya dengan baik.

“Rekomendasi perbaikan segera kita tindak lanjut dan evaluasi. Nanti hasilnya kita laporkan kembali. Saya berharap PA Marabahan terus meningkatkan kinerja dan pelayanan sesuai visi dan misi,” tutupnya. (dny)

(Visited 2 times, 1 visits today)
  • Bagikan
(Visited 2 times, 1 visits today)